Cara Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Enak

cara membuat donat kentang

Pada Kesempatan ini saya akan membahas tentang cara membuat donat kentang yang sangat sederhana. Namun rasanya sangat enak dan tidak terkalahkan pada donat ditempat lainnya.

Donat Kentang 

Donat kentang terkadang sering disebut dengan Spudnut. Spundut adalah donat yang biasanya rasanya manis, dan dibuat dengan menggunakan kentang tumbuk ataupun dengan tepung kentang bukan dari tepung terigu. Bahan yang sering digunakan dan paling umum untuk membuat adonan donat. Namun saat ini terdapat variasi dalam pembuatan bahannya, yakni menggunakan kentang yang dikukus kemudian dicampur bersama adonan donat dari tepung terigu.

Cara Membuat makanan dari kentang ini atau donat kentang diperkenalkan pada pertengahan 1900-an, dan sebuah resep diterbitkan pada tahun 1938. Donat kentang juga cenderung lebih ringan daripada donat yang menggunakan tepung, dan dibuat dengan cara yang sama dengan metode donat lainnya.

Pada sekitar tahun 1950, ratusan toko Spudnut didirikan di Amerika Serikat sebelum penurunan sampai hanya tinggal beberapa lusin saja pada baru-baru ini. Selain itu, donat yang menggunakan adonan uwi juga banyak dimakan dan juga dibuat di kawasan Asia Timur. Seperti halnya dengan donat biasa, donat kentang ini juga sering dimakan bersamaan dengan kopi.

Sejarah Donat

Hakekatnya donat memiliki sejarah yang cukup panjang sejak kemunculannya pertama kali hingga mencapai penampilannya saat ini. Para Arkelog dari Negara Amerika awalnya hanya menemukan beberapa peninggalan yang menggambarkan jenis makanan yang berbentuk hampir mirip donat pada zaman prasejarah. Tapi, diduga asal mula donat ini sendiri dari daerah di negara belanda. Yaitu Manhatten, dan di daerah Belanda donat disebut dengan ‘olykoeks’ atau kue yang digoreng.
Akan tetapi untuk saat ini, hal yang menjadi terbaru bahwa donat merupakan salah satu kue populer favorit masyarakat dunia. Bahkan di negara amerika menurut Chan pada tahun 2009 ada kurang lebih 10 juta donat yang diproduksi setiap tahunnya. Donat yang dikreasikan oleh para ahli kuliner harus digoreng dalam takaran minyak yang cukup banyak dengan panas tertentu agar warna donat berubah menjadi kuning kecoklatan dan matang merata.
Dan sebenarnya banyak pihak yang mengatakan jika donat sudah cukup enak sekaligus lezat dengan hanya taburan sedikit gula. Donat dengan aroma yang sangat harum, seperti penambahan aneka rasa dan bau saat disantap terasa garing. Namun tekstur donat ini sangat lembut dan juga empuk tetapi tidak berminyak banyak, ini adalah donat yang akan sering dicari para penggemarnya.

Resep Donat Kentang

Bahan Bahan yang Dibutuhkan:

  • 500 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr margarin Blue Band Cake and Cookie
  • 200 gr kentang kupas (sudah dihaluskan dan didinginkan)
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • ¼ sdt garam

Topping:

  • Gula halus secukupnya
  • 250 gr dark cooking chocolate (dipotong potong dan dilelehkan)

Cara Membuat:

  1. Pertama campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus dalam satu wadah yang cukup besar. Aduk aduk sebentar sampai ketiga bahan tersebut tercampur merata. Lalu masukkan juga kentang dan kuning telur ke dalam adonan tadi.
  2. Kemudian tambahkan air dingin sedikit sedikit dalam adonan tersebut sambil terus menerus diuleni. Lakukan langkah ini hingga air dingin habis dan adonan menjadi benar benar kalis.
  3. Setelah adonan kalis, jangan lupa tambahkan sedikit margarin dan juga garam. Uleni kembali adonan agar semua bahan tadi tercampur merata. Tutup wadah yang berisi adonan tadi menggunakan kain bersih dan diamkan kurang lebih selama 20 hingga 30 menit.
  4. Jika adonan donat sudah terlihat mengembang. Kempiskan adonan tersebut lalu cetaklah menggunakan  cetakan khusus pembuat donat. Diamkan lagi adonan tersebut yang sudah dicetak sekitar 20 menit.
  5. Jika kira kira sudah lewat dari 20 menit, adonan donat yang sudah dicetak itu pun sudah siap untuk digoreng.
  6. Setelah itu panaskan wajan berisi minyak goreng yang cukup banyak dengan api sedang.
  7. Saat minyak sudah benar benar panas, masukkan donat ke dalam wajan. Masukkan donat dengan jumlah yang sedikit supaya temperatur pada minyak goreng tidak menurun drastis.
  8. Goreng donat sampai kedua sisinya cukup matang dan bagian luar berwarna cokelat keemasan.
  9. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang tadi. Diamkan sebentar agar donat mendingin.
  10. Celupkan permukaan donat dengan dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan tadi. Untuk pilihan jenis topping lainnya, donat juga bisa ditaburkan dengan gula halus.
  11. Donat kentang ini pun sudah siap disajikan.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat donat kentang yang sangat enak dan sederhana. Siang siang makan donat kentang ini dengan ditemani es kopi susu kekinian pasti sangat enak. Selamat Mencoba!