Cara Membuat Bubur Jagung yang Lembut dan Enak

cara membuat bubur jagung

Pada artikel kali ini akan di beri tahu bagaimana cara membuat bubur jagung yang lembut dan enak. Bubur sehat, dengan rasa lezat. Nah, perpaduan antara jagung manis dan harumnya daun pandan ternyata membuatnya berkesan untuk di lidah. Bubur ternyata tak hanya terbuat dari nasi loh. Salah satu dari bubur yang juga terasa sangat manis serta gurih merupakan bubur jagung. Dan sajian ini bisa untuk disantap sebagai sarapan pagi pagi.

Bahan- Bahan Bubur Jagung Manis

cara membuat bubur jagung

  • 800 ml air
  • 4 lembar daun-pandan, simpulkan
  • ½ sdt garam
  • 600 g jagung manis pipil
  • 500 ml santan encer
  • 75 g gula-pasir
  • 2 sdt tepung-maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 100 g manisan kolang-kaling warna merah, iris tipis

Cara Membuat Bubur Jagung Manis

1. Masukkan air terlebih dahulu, daun pandan, garam, dan jagung pipil ke dalam panci, oleh kalian masak hingga jagung cukup empuk dan air tinggal ½ nya.

2. Ambil jagung sebanyak 2 sendok sayur, masukkan ke dalam blender, tambahkan air rebusan jagung sebanyak 2 sendok sayur lalu proses hingga halus.

3. Masukkan jagung halus ke dalam panci jagung pipil, aduk hingga tercampur rata. Jerang di atas api, masukkan santan, gula, garam dan larutan tepung maizena, aduk hingga mendidih dan matang, angkat.
4. Taruh bubur jagung dalam mangkuk saji, tambahkan irisan manisan kolang-kaling di atasnya, hidangkan.

Sejarah dan kandungan yang ada di jagung

cara membuat bubur jagung
 Ternyata jagung (Zea mays L.) adalah salah satu dari tanaman pangan di dunia yang paling penting, dan selain itu juga gandum dan padi. Untuk sebagai sumber karbohidrat yang utama di amerika tengah dan selatan, jagung juga menjadi salah satu alternatif sumber pangan di amerika serikat. Ternyata penduduk dari beberapa daerah di indonesia (misalnya di madura dan nusa tenggara) ternyata juga menggunakan/mengkonsumsi jagung sebagai pangan pokok.

Jagung juga memang sengaja untuk ditanam bagi pakan ternak mereka (hijauan maupun tongkolnya), lalu untuk diambil minyaknya (dari bulir), juga bisa dibuat menjadi tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan juga bisa untuk menjadi bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung ternyata kaya akan pentosa, yang dipakai untuk bahan baku pembuatan furfural. Jagung juga yang telah direkayasa genetika sekarang ditanam untuk penghasil bahan farmasi.

Dan yang berdasarkan dari temuan genetik, antropologi, dan arkeologi juga diketahui bahwa daerah asal jagung yang merupakan Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan). Ternyata budidaya jagung memang telah dilakukan di berbagai daerah ini sejak 10.000 tahun yang lalu, dan juga teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sejak 7000 tahun yang lalu, hingga bisa mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu silam. Kajian filogenetik telah menunjukkan bahwa jagung budidaya (Zea mays ssp. mays) merupakan dari keturunan langsung teosinte (Zea mays ssp. parviglumis).

Untuk yang di dalam proses domestikasinya, yang telah berlangsung lama dengan paling tidak juga 7.000 tahun oleh penduduk nya yang asli dari setempat/sekitarnya dan masuk gen-gen dari subspesies lain, terutama juga bagi Zea mays ssp. mexicana. Istilah dari itu teosinte sebenarnya juga digunakan untuk menggambarkan semua spesies dalam genus Zea, kecuali Zea mays ssp. mays. Dan hingga kini juga dikenal 50.000 kultivar jagung, baik yang terbentuk dengan secara alami ataupun dirakit dengan melalui pemuliaan tanaman.

Deskripsi

Jagung ternyata merupakan tanaman yang semusim atau juga di sebut dengan nama (annual). Satu siklus ini memang hidupnya diselesaikan dalam jangka waktu 80-150 hari. Dan paruh pertama dari siklus ini merupakan tahap dari pertumbuhan vegetatif dan paruh kedua nya untuk tahap pertumbuhan dari generatif. Ternyata tinggi tanaman jagung memang sangat bervariasi.

Walaupun tanaman jagung ini pada umumnya mempunyai ketinggian antara 1m sampai 3m, ada varietas yang dapat juga mencapai tinggi 6m. Tinggi tanaman biasa nya diukur dari permukaan tanah sampai ruas teratas sebelum bunga jantan. Meskipun itu dari beberapa varietas yang dapat menghasilkan anakan (seperti padi), yang pada umumnya jagung tidak memiliki kemampuan seperti ini.

Dan pada bunga betina jagung berupa “tongkol” yang terbungkus seperti pelepah dengan “rambut”. Ternyata rambut jagung sebenarnya merupakan tangkai putik. Tanaman jagung ini juga termasuk kedalam tanaman yang mempunyai biji berkeping tunggal monokotil, tanaman jagung ternyata masuk ke golong yang berakar serabut dan dapat juga mencapai kedalaman hingga mencapai 8 m walaupun sebagian besar nya berada pada kisaran 2 m. meskipun itu juga ada tanaman yang sudah dewasa dan juga sudah terlihat akar adventif dari buku-buku batang yang pada bagian bawahnya juga untuk membantu/menolong menyangga tegaknya tanaman ini.
Ternyata batang jagung itu tegak dan juga mudah terlihat, sebagaimana dari sorgum dan tebu, namun juga tidak seperti pada padi atau gandum. Dan terdapat mutan yang batangnya tidak dapat tumbuh pesat sehingga tanaman ini berbentuk roset. Batang yang beruas-ruas. Ruas ini terbungkus oleh pelepah daun yang munculnya dari buku. Batang jagung ini juga cukup kokoh namun memang tidak banyak yang mengandung lignin.

Manfaat dari Mengkonsumsi Bubur Jagung

cara membuat bubur jagung

Polenta merupakan bubur jagung yang berasal dari negara Italia. Tekstur polenta ini memang berbeda-beda, tergantung dari lama nya waktu memasak dan juga berapa lama waktu sebelum disajikan. Nah jika disajikan segera setelah dimasak nya, polenta pun masih panas dan bertekstur sangat lembut. Jika memang sudah lama, polenta pun akan menjadi tebal, padat, dan bisa juga disajikan ke dalam bentuk yang diiris. Lalu apa saja sih keunggulan dan manfaat polenta untuk kesehatan kita? yuk mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kaya akan karbohidrat kompleks

Ternyata karbohidrat kompleks ini merupakan karbohidrat yang mengandung juga serat dan pati. Karbohidrat kompleks ini dipecah di dalam tubuh kita dengan lebih lama dari pada karbohidrat yang sederhana sehingga tidak bisa menimbulkan naik-turunnya gula darah setelah makan. Kondisi ini memang membuat energi tersedia lebih lama dalam tubuh kita dan dapat juga mengontrol selera makan kita.

Jenis karbohidrat ini juga baik untuk orang dengan diabetes melitus sebab pelepasan glukosa (gula) ke dalam tubuh dilakukan secara pelan-pelan dan bisa mengontrol gula darah. Karbohidrat kompleks juga membuat kenyang yang lebih lama, juga untuk menjaga kesehatan kita pada sistem pencernaan, dan mengandung vitamin, mineral yang dibutuhkan pada tubuh. Itulah manfaat dari polenta yang sayang untuk dilewatkan, terutama untuk kalian yang mempunyai masalah pada pencernaan atau ingin mengurangi porsi makan.

2. Polenta termasuk gluten-free

Untuk orang yang sedang mencari makanan dengan bebas gluten, polenta memang dapat menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Polenta juga sangat aman untuk dikonsumsi bagi orang yang dengan Celiac disease atau juga memiliki sensitivitas terhadap gluten. Meskipun itu juga, ketika kalian sedang membeli produk polenta yang instan, harus tetap untuk melihat pada kandungannya yang di bungkus pada produk apakah ada zat tambahan yang tertentu atau tidak bahkan justru sangat berbahaya untuk kesehatan kalian.

Celiac disease merupakan kondisi radang usus kronis yang dipicu dengan adanya konsumsi gluten dan masuk ke dalam usus. Gluten ternyata merupakan sejenis protein yang ditemukan di dalam produk turunan gandum. Pada saat orang dengan Celiac disease mengkonsumsi produk yang telah mengandung gluten, maka akan membuat radang usus dan kondisi tersebut yang akan mengganggu pada penyerapan zat gizi dari makanan lainnya.

3. Mengandung vitamin A

Polenta memang mengandung vitamin A yang berfungsi penting dalam sistem kekebalan pada tubuh. Vitamin A menjaga epitel, yaitu jaringan pada tubuh yang melapisi paru-paru, saluran pencernaan, lapisan pembuluh darah, dan juga pada kulit. Keberadaan vitamin A ini dalam epitel melindungi bakteri atau mikroorganisme penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin A memang sangat dibutuhkan untuk menjaga ketajaman penglihatan, terutama bagi yang diperlukan oleh retina mata guna untuk mengubah cahaya visual yang menjadi sinyal saraf ke otak.

4. Sumber karotenoid

Karotenoid merupakan pigmen yang terdapat pada makanan nabati yang dapat juga diubah menjadi bentuk vitamin A. Asupan pada makanan yang mengandung karotenoid penting bagi tubuh kita karena karotenoid bekerja dengan sebagai anioksidan melindungi dari sel-sel, jaringan, dan organ di tubuh yang melawan efek radikal bebas dan bisa juga berkontribusi terjadinya perkembangan kanker, penyakit jantung, dan juga penyakit mata. Sebagian dari karotenoid diubah untuk menjadi vitamin A dan juga memiliki fungsi menjaga sistem kekebalan pada tubuh, kesehatan mata, dan mendukung pada proses pertumbuhan dan perkembangan.

5. Rendah lemak

Pada dasarnya memang, polenta adalah makanan yang rendah akan lemak dan aman juga dikonsumsi untuk diet yang rendah lemak. Namun juga, semua tergantung bagaimana kalian mengolah polenta ini. Dan hindari yanng menggunakan lemak jenuh tambahan dalam memasaknya seperti yang menggunakan mentega. Masak nya juga dengan lemak jenuh yang pada akhirnya membuat manfaat polenta berkurang.

6. Mengandung mineral-mineral penting

Ternyata polenta mengandung mineral-mineral yang esensial yaitu kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, natrium, dan zink. Vitamin ini yang ditemukan dalam jumlah yang kecil pada polenta yaitu vitamin B dan E. Dan mineral ini juga berguna salah satunya untuk menjaga kepadatan pada tulang dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh kita.

7. Polenta mengandung protein

Komponen yang utama dalam polenta merupakan karbohidrat, tapi juga polenta masih tetap mengandung protein. Protein ini memang berfungsi dalam banyak proses pada metabolisme dan pembentukan struktur tubuh yang ada di dalam tubuh kita. Protein juga memang berfungsi bagi dalam pembentukan enzim, hormon, dan neurotransmitter. Keseimbangan cairan ini di dalam tubuh juga sangat diatur oleh protein. Demikian tadi cara membuat bubur jagung yang lembut dan enak, untuk anda yang ingin mencoba di rumah bisa menggunakan mesin perontok jagung agar lebih cepat dan efisien. Semoga bermanfaat dan terimakasih.