cara membuat branding logo

 

Cara Membuat Branding Logo. Seperti yang Anda tahu, logo tentunya sangat penting untuk merek produk atau perusahaan lain. Karena, orang cenderung mengingat sesuatu secara visual.

Logo dapat digunakan dalam kampanye online dan offline, tidak hanya untuk dampak visual. Membuat logo untuk bisnis Anda sangatlah penting karena berpengaruh terhadap branding bisnis atau perusahaan Anda di mata pelanggan.

Hanya dengan logo Anda dapat mengetahui nama perusahaan, apa yang diproduksi dan dijualnya. Seperti sepatu Nike, saat orang melihat logo centang pada sepatu, seharusnya sudah tahu itu sepatu Nike, meski tidak ada keterangan namanya. Itulah pentingnya logo untuk merek bisnis atau perusahaan Anda.

 

Tips Cara Membuat Branding Logo untuk Bisnis Anda

Tentunya karena Anda harus menarik dan bagus, Anda perlu tahu cara membuat logo untuk sebuah merek. Tentu saja, Anda perlu menyeimbangkan ini dan itu dengan cermat untuk memaksimalkan logo yang dihasilkan. Lalu bagaimana cara membuat logo brand yang mudah diingat, menarik dan juga bagus?

 

1. Cari Referensi Sebanyak Banyaknya

Saat membuat logo untuk sebuah brand, hampir semua orang bingung. Bahkan orang yang berpengalaman pun terkadang kesulitan untuk memunculkan ide, meski sudah terbiasa membuat logo. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada salahnya mencari referensi logo, membangkitkan ide dan meningkatkan kreativitas Anda.

Tentunya banyak yang berhasil dengan cara ini, karena bisa memberikan dorongan yang baik. Mencari referensi tidak hanya sekedar copy paste saja, Anda hanya perlu gunakan saja sebagai referensi untuk membuat logo Anda.

 

2. Pahami Terlebih Dahulu visi Misi Brand Anda

Membuat logo untuk sebuah brand bukan sekedar desain sederhana sana sini, karena hasil akhirnya tidak akan maksimal. Sebelum itu, pahami visi misi terleboh dahulu brand atau bisnis Anda, sehingga akan lebih mudah untuk memasukkannya ke dalam logo.

Dengan cara ini, logo brand Anda kemudian menggambarkan merek itu sendiri, menjadikannya lebih kokoh dan menarik. Pada dasarnya logo menjadi identitas dari sebuah brand.

 

3. Mulai Membuat Desain Logo

Biasanya saat membuat logo, satu model saja tidak cukup, harus ada pilihan lain. Jika suatu model nanti tidak cocok, Anda dapat kembali ke alternatif. Bagaimana caranya?

Yang harus Anda lakukan adalah membuat beberapa desain logo dan kemudian Anda dapat memilih yang tepat dan menyelesaikannya. Namun, terkadang Anda mendapatkan logo terbaik dengan menggabungkan beberapa sketsa menjadi satu.

 

4. Memilih Warna dengan Bijak dan Sesuai Filosofi

Dalam sebuah logo, terdiri dari gambar, tulisan (huruf dan angka) atau bahkan kombinasi dari semuanya. Tidak hanya itu, tentunya Anda perlu menambahkan warna agar logo terlihat lebih cantik dan menarik.

Namun dalam memilih warna, Anda harus memilih dengan bijak. Pilihlah warna yang mengandung filosofi yang baik, dengan harapan filosofi tersebut akan tercapai melalui pembuatan logo. Sesuatu yang bermakna biasanya lebih menyentuh hati pelanggan.

 

5. Buatlah dengan Konsep yang Sederhana

Anda harus tahu bahwa logo tidak boleh hanya memuat brand secara tertulis. Buatlah dengan sebuah gambar juga, itu akan mewakili merek Anda, tidak ada salahnya menggunakannya. Misalnya dengan brand aplikasi bernama Twitter yang logonya berbentuk burung berwarna biru.

Sederhana namun dapat menggambarkan keseluruhan brand ini. Sebagai aturan umum, jangan membuat logo untuk brand dengan terlalu rumit atau memiliki banyak detail seperti ini dan lainnya. Dengan desain yang sederhana namun menarik, logo brand Anda pasti akan menyenangkan.

 

Baca juga : Aplikasi untuk Membuat Logo di PC Terbaik

 

Jadi, Itulah 5 cara membuat brand logo yang bisa Anda terapkan jika ingin membuat brand sendiri. Ingatlah bahwa karena logo merek atau brand teradalah wajah dari merek itu sendiri, hal itu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pastikan melakukannya dengan pertimbangan matang hingga hasilnya memuaskan. Semoga bermanfaat!

By Fadil Ahsan Nur Takwim

Saya adalah seorang penulis di manfaatcara.com yang sangat tertarik dengan perkembangan teknologi, khususnya di bidang IT. Saya senang berbagi informasi seputar bisnis dan berbagai tips terbaru dengan pembaca. Semangat saya dalam belajar dan berbagi pengetahuan selalu membara.