Cara Membuat Bakso Tahu Goreng Enak dan Renyah

cara membuat bakso tahu goreng

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan resep makanan atau jajanan ang cocok sekali untuk disantap keluarga sobat semua di rumah. Makanan atau jajanan itu adalah cara membuat bakso tahu goreng yang enak, renyah, dan membuat semua makan lagi dan lagi.

Bakso tahu goreng merupakan makanan atau jajan dari hasil perpaduan antara tahu dan adonan bakso yang digoreng. Cara membuat bakso tahu goreng ini pun sangat mudah seperti cara membuat bakso goreng pada umumnya, namun ditambahkan dengan potongan tahu pong. Cukup membuat adonan bakso seperti pada umumnya, kemudian bakso goreng dibelah dan dikeluarkan sisinya, lalu diisi dengan adonan bakso dan digoreng hingga renyah.

Bakso tahu goreng ini juga bisa diolah dengan cara dikukus saja, dan digunakan sebagai bahan pelengkap untuk menyantap pentol ataupun bakso kuah. Hmm sudah kebayangkan bagaimana rasanya menyantap bakso tahu goreng yang dikukus, ditambah dengan bakso yang enak dan kuah kaldu bakso yang gurih. Sungguh nikmat dan lezat pastinya.

Tak hanya itu, bakso tahu goreng ini juga biasanya disajikan dengan cocolan saus yang beragam, seperti saus bumbu kacang, saus sambal kecap, saus sambal, saus tomat, dan beragam saus kesukaan sobat semua juga bisa digunakan sebagai cocolan bakso tahu goreng ini.

Bakso tahu goreng ini sangat cocok untuk dijadikan santapan saat berkumpul bersama keluarga, berkumpul bersama teman, teman untuk menemani saat bekerja, untuk takjil saat berbuka puasa, hidangan untuk menjamu tamu, dan beragam acara lainnya cocok untuk menyantap bakso tahu goreng ini.

Nah, dari pada sobat semua penasaran, yuk langsung saja sobat semua pergi ke dapur dan mencoba membuat bakso tahu goreng ini dengan melihat cara membuat bakso tahu goreng yang enak dan mudah sekali dibuat di bawah ini.

Cara Membuat Bakso Tahu Goreng

 Bahan-bahan:

  • 250 gr daging ayam
  • 250 gr tepung terigu
  • 300 gr tepung tapioka
  • 1 batang daun bawang
  • 1 butir telur
  • 10 buah tahu pong
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdm lada bubuk
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdm garam
  • 150 ml air panas mendidih
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Bakso Tahu Goreng:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan.
  2. Haluskan ayam dengan bumbu-bumbu dan juga telur, bisa menggunakan food processor atau mesin pembuat bakso. Lalu pindahkan ke wadah lain.
  3. Tambahkan tepung tapioka dan tepung terigu, beri air panas secukupnya, lalu aduk menggunakan sendok hingga tercampur rata.
  4. Iris tipis daun bawang lalu tambakan ke adonan.
  5. Aduk semua bahan menjadi satu sampai adonan menjadi kalis.
  6. Belah tahu pong menjadi 2 dan berbentuk segitiga, lalu isi tahu pong dengan adonan bakso tadi yang sudah dibuat.
  7. Setelah itu, siapkan alat kukusan dan panaskan, lalu masukkan bakso tahu ke dalam kukusan dan kukus hingga adonan menjadi padat.
  8. Setelah dikukus, siapkan penggorengan dan panaskan minyak.
  9. Goreng bakso tahu hingga matang atau berwarna kuning kecoklatan. Bisa juga sobat semua lumuri dengan tepung agar lebih renyah. Sesuaikan selera. Goreng hingga bakso tahu habis
  10. Kalau masih ada sisa adonan bakso, bisa dibulatkan dengan tangan atau dua buah sendok. Kemudian rebus hingga matang atau mengapung ke atas. Lalu bisa dimakan langsung atau bisa juga digoreng.
  11. Sajikan dan nikmati bakso tahu goreng selagi hangat dengan cocolan saus kesukaan sobat semua.

Sekian penjelasan tentang cara membuat bakso tahu goreng enak dan renyah yang sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.