Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres dengan Tips Unik

cara membuat bakso kenyal dan kres

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres dengan Tips Unik – Resep cara membuat bakso kenyal dan kres ini mudah dibuat di rumah dan enak! Jika ini pertama kalinya Anda mencoba bakso daging sapi, Anda mungkin akan terkejut dengan konsistensinya.

Tips dan Trik

  • Daging giling 80/20 adalah daging yang terdiri dari 80% daging dan 20% lemak. Lemak sangat penting untuk rasa dan kesegaran. Anda bisa menjadi sedikit lebih ramping jika Anda mau, tetapi beberapa lemak sangat penting untuk resep ini.
  • Ini membantu untuk menyebarkan daging setipis mungkin sehingga lebih cepat dingin. Jika Anda memiliki panci logam atau loyang, gunakan itu karena cepat dingin. Juga, jika freezer Anda tidak memiliki bau aneh, Anda dapat membiarkan panci terbuka dan itu akan mempercepat proses pendinginan.
  • Biarkan daging di dalam freezer selama mungkin sehingga hampir membeku sebelum berubah menjadi potongan daging yang padat. (Anda masih bisa mengirisnya dengan pisau atau sendok besar.) Tergantung pada freezer, ini bisa memakan waktu 1 – 2+ jam.
  • Menjaga daging tetap dingin selama seluruh proses persiapan adalah kunci untuk mendapatkan tekstur kenyal. Bekerja cepat dengan memproses daging dan kemudian segera kembalikan ke freezer. Juga, pastikan untuk memasukkan kembali daging yang belum diproses ke dalam freezer. Jika suatu saat selama proses ini seluruh daging menjadi hangat, bakso akan menjadi lunak.
  • Kecuali Anda memiliki pengolah makanan yang benar-benar kuat atau profesional, bagilah daging menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk diproses, jika tidak, Anda akan membuat mesin bekerja terlalu keras. (Saya memiliki bagian dari motor yang terbakar.)
  • Jangan terlalu banyak menggunakan baking powder. Jika Anda melakukannya, Bakso Daging Sapi akan menjadi enak dan bengkak segera setelah dimasak. Namun setelah pendinginan mereka akan mengerut dan terlihat menyedihkan.
  • Jangan memasak bakso dalam air yang mendidih dengan cepat. Hal ini menyebabkan mereka kehilangan bentuk bulatnya.
  • Jangan lewatkan langkah di mana kita mencelupkan bakso ke dalam air dingin setelah dimasak. Ini membantu untuk mengencangkan Bakso Daging Sapi dan membantu tekstur kenyal juga.
  • Anda dapat membaca resep lainnya seperti cara membuat bakso sapi sendiri di rumah dengan mudah dan enak.
  • Untuk orang-orang yang ingin menduplikasi resep restoran, mohon maaf, ini bukan resep itu. Bakso Daging Sapi ini tidak akan terasa seperti versi restoran karena saya menghilangkan dua bahan yang sangat berbahaya yang biasa digunakan dalam resep: MSG dan Borax. Saya tidak dapat dengan hati nurani membagikan resep yang menggunakan MSG, yang diketahui menyebabkan hipertensi dan risiko kesehatan lainnya, dan Boraks, bahan kimia yang digunakan dalam pembersih rumah tangga dan insektisida. Kesehatan kita lebih penting daripada makanan enak.
baca juga: Cara Bikin Bakso Sapi Enak Dan Kenyal Dengan Praktis

Resep Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres di Rumah

Bahan-bahan:

  • 2 sdm air es
  • 1 1/2 sdm kecap ikan
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm tepung kentang
  • 1/2 sdt bumbu daging sapi
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 pon 80/20 daging giling
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdt cuka putih suling

Cara Membuat Bakso Kenyal dan Kres di Rumah

  1. Campurkan air es, kecap ikan, gula, tepung kentang, bumbu daging sapi, dan lada putih dalam mangkuk dan aduk hingga larut. Tambahkan baking powder dan campur dengan marinade. Tambahkan daging sapi ke marinade dan aduk rata menggunakan tangan Anda. Campur selama sekitar 1-2 menit. Jangan terlalu banyak mengolah daging. Sebarkan campuran daging secara merata ke dalam piring atau piring besar. Tutup dengan bungkus plastik dan masukkan ke dalam freezer. Bekukan selama 1 1/2 jam.
  2. Bagi daging menjadi 3 bagian yang sama. Tambahkan batch pertama ke dalam food processor. Masukkan sisa daging ke dalam freezer. Pulsa daging 10 kali. Gosok sisi mangkuk persiapan dan sebarkan daging jika sudah menggumpal. Prosesor selama 10 detik. Gosok di sekitar mangkuk lagi. Ini adalah satu siklus. Ulangi siklus pulsa/proses ini 2 kali lagi untuk total 3 siklus. Ambil dagingnya dan taruh kembali di piring. Tambahkan batch berikutnya dan proses dengan cara yang sama. Ingatlah untuk mengembalikan hidangan ke freezer setiap kali Anda memprosesnya, agar dagingnya tidak mencair.
  3. Setelah batch ketiga diproses, tambahkan dua batch pertama kembali ke food processor. Tambahkan minyak sayur. Proses lagi selama 30-45 detik hingga tercampur rata dan halus.
  4. Bagi daging menjadi dua dan bentuk menjadi log 2-12 inci. Tutup dengan plastik wrap lalu bekukan selama 1 jam.
  5. Keluarkan satu log dari freezer. Jepit sedikit, kira-kira 1/2 ons, campuran daging dan gulung menjadi bola. Basahi tangan Anda dengan air jika lengket. Gulung semua bakso menggunakan log pertama.
  6. Isi mangkuk besar dengan air dan tambahkan 1 cangkir es dan 1 sdt cuka.
  7. Bawa panci besar air mendidih cepat. Perlahan jatuhkan semua bakso daging sapi ke dalam air mendidih. Kurangi panas menjadi Rendah dan didihkan selama 7-8 menit. Putar bola dengan lembut setiap beberapa menit. Pindahkan bakso ke dalam penangas es dan celupkan bakso ke dalam wadah es selama 30 detik. Pindahkan ke saringan dan biarkan mengalir.
  8. Ulangi langkah yang sama untuk batch kedua membuat sisa bakso sapi.
  9. Sajikan Bakso Sapi ini dalam kuah sup, mie kuah, tumisan, dll. Jika ingin menikmati Bakso Sapi ini sebagai hidangan pembuka atau snack, sajikan dengan Saus Plum Hoisin dan Sate Cabai.

Hasil: 30 (1/2) ons bakso