Cara Membuat Apem Dari Tepung Beras Enak Rasanya

cara membuat apem dari tepung beras

Apem,Yaitu sebuah Kue yang dipercaya dari masyarakat,yang konon critanya dibawa oleh seorang keturununan ki prabu barawijaya. pada artikel kali ini saya akan mengajak teman – teman menbahas Cara Membuat Apem Dari Tepung Beras Enak Rasanya

Cara Membuat Apem Dari Tepung Beras

Cara Membuat Apem Dari Tepung Beras

Bahan – Bahan yang harus Di Persiapkan :

  • 280 gram tepung beras
  • 280 gram gula
  • 600 ml air bersih
  • Ferners atau 1 sendok teh ragi
  • Pandan meninggalkan 3 helai
  • Garam 1 sendok teh
  • ½ sendok makan minyak goreng
baca juga : cara membuat siomay dari tepung kanji

Cara Membuat Apem Dari Tepung Beras :

  1. Gula terlambat hingga 300 ml air lalu rebus dengan daun pandan tambahan. Angkat dan sisihkan.
  2. Tuang tepung nasi ke dalam wadah campuran dan tambahkan 300 ml air yang tersisa, aduk rata.
    Pada ragi lasual ke 2 sendok makan air kemudian tuangkan ke tepung beras dalam wadah campuran. Campur dengan baik.
  3. Campurkan campuran tepung beras dengan air gula rebus dan aduk rata dan tutupi campuran kontainer dengan kain bersih hingga 2 jam.
  4. Selanjutnya tambahkan campuran tepung lagi dengan minyak goreng dan aduk rata.
  5. Siapkan cetakan kue, lalu berikan penyebaran minyak sehingga tidak lengket dan tuangkan campuran tepung beras ke dalam cetakan.
  6. Tambahkan cetakan kue apem yang berisi campuran tepung beras ke dalam cetakan dan dikukuslah dengan penutup kain bersih sampai mengembang dan dimasak.
  7. Kue nasi tepung Apem siap dinikmati.

Perbedaan Kue Apem Panggang dan Kukus

Perbedaan dalam setiap jenis kue didasarkan pada hanya terletak pada cara memasaknya. Kue apem dikukus, mirip dengan namanya, dimasak dengan dikukus, agak tebal dan dapat diberi berbagai rasa seperti cokelat, stroberi, dan yang paling umum dan sering ditemukan adalah rasa gula jawa, dan berbentuk serupa seperti kue muffin

Pada memanggang apem, kue ini memiliki bentuk bulat kecokelatan dan rata. Perbedaan dalam konsistensi adonan sementara dari bahan atau komposisi campuran setiap kue tidak berbeda.

Perbedaan yang terletak pada stabilitas campuran, kue apem panggang memiliki konsistensi tekstur adonan yang menebal daripada kue apem dikukus. Sementara itu, kue apel Shell memiliki stabilitas stabilitas campuran yang lebih cair pada apem kukus, sehingga dapat memiliki kulit yang agak tipis di sisi kecoklatan.

Perbedaan Kue Apem,Kue Lumpur Dan Kue Cubit

Kue celah memiliki topping seperti bulan, cokelat, bahkan selai manis lainnya, kue apem ini dilapisi dengan daun nangka atau pandan sehingga aroma juga tidak diragukan lagi.

Kue lumpur memiliki bahan-bahan dasar yang sama seperti cubitan camilan manis, hanya menggunakan kentang & telur tambahan membuat tekstur sesuai dengan camilan lumpur manis menjadi lembut.

Plus menggunakan topping kismis, camilan manis ini memang sangat lembut, gurih & indah misalnya cubitan camilan manis.

Khas Menurut camilan lumpur manis lainnya dapat dikatakan, camilan lumpur manis ini adalah camilan jumpalan manis yang bertekstur basah.

Perbedaan Antara Kue Spons (Kue Bolu) dan Kue Apem (Kue Mangkuk)

Dengan cara yang serupa, banyak yang tidak tahu perbedaan antara cupcakes dan kue uap. Seperti halnya kue-kue tradisional Indonesia, ternyata kedua kue itu berbeda.

Kue kukus terbuat dari tepung, sedangkan cupcake terbuat dari pita, tepung dan tepung. Beras.

Karena bahan-bahan utama berbeda, tekstur kedua kue juga berbeda. Kue uap memiliki tekstur lembut dan lembut, sedangkan kue mangkuk memiliki tekstur kasar dan sedikit lembab.

 

Sekian artikel saya yang membahas tentang cara membuat apem dari tepung beras .Semoga artikel  cara membuat apem tepung terigu  bisa membuat teman teman berkreasi lebih banyak,dan artikel ini bisa menambah wawasan juga.