Cara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Dengan Penambahan Rumput Laut.

ara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Dengan Penambahan Rumput Laut.

Amplang ialah makanan ringan tradisional yang dibuat dari ikan yang disajikan di Samarinda, Indonesia dan kemudian terkenal di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Pesisir Timur Sabah, Malaysia.

Amplang biasanya dibuat dari ikan tenggiri, yang dicampur dengan tepung kanji dan bahan-bahan lainnya, dan kemudian digoreng.

ara Membuat Amplang Ikan Tenggiri Dengan Penambahan Rumput Laut.

 

Devinisi:

Amplang merupakan sejenis makanan ringan tradisional asal Samarinda. Snack ini biasanya terbuat dari campuran ikan dan tepung yang digoreng garing. Rasanya gurih dan teksturnya renyah. Bentuknya pun lucu, cocok menjadi buah tangan selama liburan di Samarinda.

Selain rasanya yang lezat, Amplang juga punya banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk tulang karena mengandung vitamin A, Omega 3 dan 6, Kalsium, dan Protein yang lebih dari kandungan susu.

Amplang Dapat dibeli di Daerah Muara (Antara Jalan Slamet Riyadi dan Antasari) Kota Samarinda atau di UKM Center di Jalan Gatot Subroto – Samarinda.

Amplang juga memiliki teksturnya yang sangat renyah sekali dan olahannya dengan sangat lembut, apalagi aroma yang dihasilkan akan menjadikan aroma khas rasa ikannya yang menggoda. Bagi anda yang melihat kerupuk amplang ini akan ketagihan. Dengan keriuknya yang maknyus.

Yang paling terkenal central pembuatan amplang ini adalah di kota Kabupaten Kota Baru, tetapi seiring dengan perkembanganya wisata di Kalimantan kerupuk amplang ini dikenal semakin meluas dan sangat pesat sekali serta berkembang pula di berbagai daerah Kalimantan Selatan.

Perbedaan antara kerupuk dan keripik kedua produk ini adalah sama-sama renyah dan memerlukan proses pemanasan untuk menghilangkan kadar air.

Dan perbedaannya adalah arti dari kerupuk dan keripik itu sendiri, kerupuk adalah makanan ringan yang di proses dengan pembuatannya juga memerlukan penambahan tepung rempah-rempah juga penambahan bumbu dapur lainnya atau biasa dibuat dalam bentuk adonan.

sebelum menjadi kerupuk, sedangkan keripik adalah makanan ringan yang dibuat tanpa penambahan tepung karena masih menjaga tekstur aslinya.

Cara Mmbuat  Amplang Ikan Tenggiri

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam utuh
  •  1- sendok makan garam
  • 1/2 kaldu jamur bubuk.
  • 30 gr gula halus.
  • 1/2 sdt merica bubuk.
  • 200 gr ikan tenggiri, dihaluskan.
  • 1/4 sdt amoniak, larutkan dgn 80 ml air.
  • 400 gr tepung kanji.
  • 1/2 sdt kaldu daging bubuk.
  • Rumput laut secukupnya

Cara Membuar Amplang Ikan Tenggiri Dengan Penambahan Rumput Laut.

  1. Buat adonan dan campurkan bumbu yang telah di sediakan dengan daging ikan tenggiri
  2. Lalu aduk-aduk menggunakan tangan agar mudah tercampur rata, sebelum mengaduk pastikan tangan tercuci bersih.
  3. Jka sudah siapkan bahan kedua yaitu runput laut, rumput laut sudah direndam semalaman
  4. Haluskan rumput laut dengan campuran air kemudia campurkan kedalam adonan ikan
  5. Terakhir masukan tepung tapioka
  6. Dan aduk-aduk lagi sampai adonan kalis dan menjadi lebih padat dan dona sudah siap, kemudian lakukan pencetakan pada adonan Sebelum mencetak giling-giling adonan hingga menipis dan rata
  7. kemudian potong adonan menjadi beberapa bagian dan bentuk menjadi untaian potong untaian yang bulat panjang menjadi bentuk kecil-kecil
  8. Lalu kemudian goreng adonan amplang di minyak panas, goreng selama 15 menit sambil diaduk proses ini bertujuan untuk mematangkan amplang untuk membuat amplang mengembbang harus menggunakan proses penggorengan kedua dengan mesin yang berbentuk tabung tunggu hingga 30 menit.
  9. Dan gar ampang tahan lama dan renya tiriskan minyak dengan mesin peniris minyak, bila pada amplang telah kurang minyaknya, amplang tahan hingga 4 bulan
  10. Proses pengemasan dilakukan saat suhu dari amplang telah turun
Kandungan Amplang Ikan Tenggiri Rimput Laut adalah  vit A, omega 3 dan 6, Kalsium, antioksidan, dan protein yang kalsiumnya 21 kali lipat lebih besar dari susu
Manfaat amplang
  1. Membantu mencega mengkroposan tulang
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. dan mencegah kanker

itulah salah satu resep olahan dari ikan tenggiri selamat mencoba terimakasih