Cara Membikin Kue Pisang

Haii apakabar semua? Alhamdulillah sehat pastiya , tetap semangat walaupun PPKM terus diperpanjang. Pada artikel kali ini akan membahas tentang ” Cara Membikin Kue Pisang “. Karena pisang tersedia dimana mana pastinya, karena pisang merupakan buah yang mudah didapat. Tidak hanya digoreng atau direbus dibuat makanan apasaja pisang pun bisa, mau tau caranya? Yuk simak artikel dibawah ini.

cara membikin kue pisang

Cara Membikin Kue Pisang

Cara membuat kue bolu pisang merupakan salah satu jenis kue yang bisa menjadi pilihan sebagai cemilan atau lauk di acara penting keluarga. Kue pisang biasanya dibuat dari campuran bahan kue bolu dan pisang.
Kue bolu pisang memiliki cita rasa yang unik dan memiliki banyak pengagum. Ini juga sangat cocok untuk penggemar pisang. Untuk membuat kue bolu super lembut anti gosong, coba resep kue bolu pisang super lembut ini!

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung terigu (segitiga biru) atau 15 sendok makan munjung
  • 100 gram gula pasir (butir halus) atau 7 sdm
  • 1 sendok teh baking powder (5 gram)
  • 1 sendok teh baking powder (5 gram)
  • Harga garam dan vanila
  • 3 buah pisang ambon 300 gr atau 5 buah pisang ukuran kecil
  • 1 sachet susu kental manis
  • 100 ml minyak sayur atau 20 sdm
  • 60 ml air atau 12 sdm
  • 1 butir telur, kocok lepas

Langkah – Langkah :

  1. Siapkan wajan dan olesi dengan minyak atau margarin. Campur dan ayak bahan kering seperti tepung, gula, baking soda, baking powder, garam dan vanili.
  2. Dalam mangkuk terpisah, campur bahan basah seperti pisang, susu kental, minyak sayur, air, dan telur.
  3. Tuang bahan cair di atas bahan kering, aduk dengan whisk sampai adonan didapat dalam loyang yang diolesi mentega dan ditaburi sedikit tepung.
  4. Masak selama 45 menit hingga matang. 10 menit terakhir telah menyalakan api. Keluarkan dari oven. Bagi mereka yang ingin menggunakan steamer, tunggu sampai matang sebelum menambahkan kue. Kukus selama 30 menit tanpa dibuka. Kelebihan muatan.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh
Dengan berbagai macam nutrisi, ada banyak manfaat kesehatan dari pisang yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Sebagai sumber energi

Pisang dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik. Satu buah pisang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat. Di dalam tubuh, karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

Karbohidrat juga dapat diubah menjadi glikogen, suatu bentuk glukosa yang disimpan di otot dan hati dan digunakan sebagai energi selama aktivitas.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan potasium pada pisang dapat membantu kerja pembuluh darah, membawa oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga dikenal dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan

Senyawa antioksidan yang terdapat pada pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, kandungan potasium pada pisang juga membantu mencegah batu ginjal. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang selalu memenuhi asupan potasiumnya memiliki risiko lebih rendah terkena batu ginjal.

5. Mengurangi rasa mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi mual dan muntah selama kehamilan, sedangkan kandungan potasiumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang melalui muntah. Hal ini membuat pisang sangat baik untuk ibu hamil.

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik dapat mengobati diare yang disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit, serta respon tubuh terhadap antibiotik.

Selain menyehatkan sistem pencernaan, pisang mengandung serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan kanker usus besar.

Baca Juga : Cara Membuat Kue Pisang Kukus

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang kaya serat. Kandungan serat di dalamnya bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan sehingga tidak makan berlebihan.

Inilah sebabnya mengapa pisang baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan.

8. Meredakan sakit maag

Pisang dapat menyebabkan peningkatan lendir di perut, yang dapat membantu meringankan atau mencegah sakit maag. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang menetralkan asam lambung sehingga bisa mengatasi sakit maag.

Cara Makan Pisang Yang Sehat Dan Benar

Pisang yang sudah matang bisa langsung disantap atau dijadikan berbagai jenis makanan atau cemilan manis yang rendah kalori dan bergizi. Namun, batasi konsumsi pisang olahan dengan cara digoreng, mis. B. produksi pisang goreng atau pisang mol.

Menggoreng dapat menghilangkan kandungan gizi pada pisang dan justru meningkatkan kandungan lemak jenuh, yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pisang, Anda bisa mengolahnya sebagai berikut:
Untuk mengubahnya menjadi jus atau smoothie, Anda bisa menambahkan susu skim, madu, dan buah-buahan lainnya. Jika Anda ingin mencampurnya dengan granola atau oatmeal, Anda bisa menambahkan lebih banyak buah atau almond.

Pisang tumbuk juga bisa dicampur dengan adonan untuk membuat kue bolu. Pisang juga bisa digunakan sebagai pengganti selai pada roti.Untuk mendapatkan manfat pisang tersebut, ada baiknya bila Anda juga mengimbangi dengan pola hidup sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara rutin.

Efek Samping Makan Pisang Berlebihan

Tidak ada yang salah, sungguh. Karena makan pisang dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Buah isi ini kaya akan nutrisi. Misalnya, dalam pisang berukuran sedang terdapat kandungan potasium atau potasium, serat, dan zat besi. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan 105 kalori. Tak heran jika buah ini dijuluki superfood. Meski begitu, makan pisang secara berlebihan justru bisa berdampak sebaliknya bagi kesehatan. Beberapa efeknya antara lain:

1. Menambah Berat Badan

orang percaya bahwa kandungan serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, jika Anda kebanyakan makan pisang, efeknya bisa sebaliknya. Menurut Penn Medicine, pisang mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, yang jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa berdampak sebaliknya. Menurut Klinik Cleveland, kandungan gula yang tinggi dalam pisang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan beberapa inci di lingkar pinggang Anda.

2. Lonjakan Gula Darah

Menurut University of Sydney, pisang yang terlalu matang memiliki indeks glikemik (GI) 62, atau titik GI sedang. GI memiliki skala dari 0 hingga 100.
CUACA. National Library of Medicine menyatakan bahwa siapa pun yang ingin menjaga gula darahnya tetap stabil harus menghindari makanan dan minuman dengan GI sedang atau tinggi. Gula darah tinggi pada orang yang tubuhnya tidak dapat mengatur kadar insulin dengan baik dapat menyebabkan koma diabetes dan bahkan kematian. Karena itu, hindari mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Memicu Hiperkalemia

Pisang mengandung sumber potasium yang baik, namun nutrisi yang baik ini justru dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Makan terlalu banyak pisang dapat menyebabkan tubuh mengalami hiperkalemia, suatu kondisi yang mempengaruhi fungsi sel saraf dan otot.

Nah dari artikel diatas kita bisa tau bahwa pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, namun jika berlebihan juga tidak biak pula untuk kesehatan , tetep jaga kesehatan ya , terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.