Cara Memasang Ac Baru tanpa Teknisi Di jamin aman

cara-memasang-ac

Pada Artikel kali ini akan di Tuliskan Cara Memasang Ac Baru tanpa Teknisi Di jamin aman,

Penting sekali bagi kita untuk mengetahui cara memasang AC baru yang benar. Jika sembarangan dalam memasang AC, maka akan membuat AC tidak memiliki kinerja yang maksimal dan cepat rusak Apalagi sering konselting dengan aktivitas Listrik lain nya seperti freezer yang sering digunakan untuk Cara membuat es lilin. Selain itu, rumah jenis apapun termasuk juga rumah dengan konsep minimalis tetap harus memperhatikan pemasangan AC yang benar agar terlihat rapi dan tidak mengganggu pandangan. memasang ac tanpa teknisi harus tetap juga memperhatikan bagaimana Cara menghemat listrik anda.

Sebenarnya, saat ini telah banyak tersedia penyedia jasa service AC jogja yang sangat paham dengan cara memasang AC baru. Namun tidak semua daerah bisa dengan mudah ditemukan jasa pemasangan AC baru yang bisa diminta bantuannya. Untuk itu, tak ada salahnya bila Anda menguasai Cara pasang dan instalasi AC sendiri, karena sebenarnya cukup mudah jika mengerti cara-caranya.

Cara Memasang AC Baru tanpa teknisi yang Di jamin aman

Untuk Anda yang baru saja membeli AC baru dan ingin memasangnya sendiri, ikutilah panduan cara memasang AC baru berikut ini:

• Mempersiapkan peralatan pemasangan

Terdapat beberapa peralatan dan perlengkapan pemasangan yang akan dibutuhkan. Diantarannya adalah tangga lipat, duct tape, bracket, dinabol untuk menancapkan bracket, alat pelebar ujung pipa ac atau biasa disebut flaring, pipa ac, pemotong pipa ac, kabel penyambung arus listrik AC indoor dan outdoor, kunci-kunci dan obeng, bor listrik, palu dan tatah untuk melubangi tembok.

• Mencari tempat pemasangan AC indoor terbaik

Pilih tempat peletakan AC indoor yang tepat agar bisa menghasilkan kinerja yang optimal. Beberapa kriteria seperti tidak menghadap ke luar ruangan, memiliki ruang di sisi-sisi ac setidaknya 15 cm, berada di dinding yang kuat dan memiliki ketinggian minimal 2,13 meter, dan juga dekat dengan sumber listrik.

• Memasang bracket

Tahap selanjutnya adalah pemasangan bracket AC Indoor yang terletak didalam kardus AC indoor. Buka secara hati-hati kardusnya dan sebaiknya menelungkupkan bagian dus agar lebih mudah mengambil bracket dibagian belakang unit AC. Setelah mendapatkan bracketnya, pasang bracket tersebut pada titik lokasi yang sudah ditentukan. Usahakan untuk memperhatikan dengan teliti agar bracket tidak miring karena bisa mengganggu kinerja AC.

• Melubangi tembok untuk pipa

Setelah berhasil menancapkan bracket, saatnya membuat lubang untuk di sisi bracket untuk sambungan pipa AC outdoor dan indoor. Gunakan palu dan tatah atau linggis untuk membuat lubang dengan ukuran yang pas untuk kabel dan pipa.

• Memasang kabel

Tahap selanjutnya adalah pemasangan kabel yang berfungsi untuk aliran arus listrik AC indoor dan outdoor. Buka bagian samping AC dengan menggunakan obeng, di sana terdapat panel yang akan menjadi tempat untuk tersambungnya kabel. Perhatikan dengan kabel antara kabel negatif dan positif agar tidak tertukar.

• Memasang AC indoor

Setelah siap, saatnya masuk pada tahapan pemasangan AC indoor ditempat bracket yang telah disiapkan. Perhatikan juga soal pipa dan kabel agar bisa juga ditempatkan dengan baik pada lubang yang telah dibuat. Gunakan duct tape agar rapi dan membantu memasukan pipa dan kabel ke lubang. Baru setelah kabel dan pipa masuk, pasangkan AC indoor pada bracket.

• Memasang AC outdoor

Tahap selanjutnya adalah memasang AC outdoor. Sebaiknya letakkan unit AC ini dibagian yang tidak terlalu jauh dari unit AC indoor. Setelah menemukan tempat yang tepat, pasang bracket dan pasangkan unit AC.

• Menyambungkan kabel dan pipa

Setelah kedua unit AC terpasang, saatnya menyambungkan pipa dan kabel. Potong pipa sesuai dengan kebutuhan jarak antar keduanya, lebarkan ujung pipa dan pasangkan terlebih dahulu pada AC indoor. Setelah itu, keduanya disambungkan menggunakan kunci agar tidak terjadi kebocoran. Untuk pemasangan kabel dari AC indoor, buka terlebih dahulu bagian atas dari AC outdoor. Disana terdapat katup atau panel sebagai tempat tersambungnya kabel.

• Tahap percobaan

Setelah itu, langkah terakhir hanya tinggal memasangkan kabel power atau daya. Kabel tersebut keberadaannya menempel pada sisi AC, jika belum terpasang maka carilah kabel power di dalam kardus kemudian pasangkan. Setelah terpasang, sambungkan kabel power tersebut pada stop kontak terdekat.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah yakin untuk bisa memasangnya sendiri. Langkah-langkah pemasangan tersebut sejatinya sangat mudah untuk diikuti. Namun memang, terkadang banyak orang terkendala oleh berbagai alat yang diperlukan saat pemasangan atau terkendala dengan waktu. Jika Anda merasakannya, Anda bisa menggunakan jasa pemasangan AC baru.