Cara Memasak Rendang Sapi Yang Empuk Dan Enak

Cara memasak rendang sapi yang empuk dan enak

Setiap orang pasti sudah tau tentang masakan Indonesia yang satu ini, makanan yang memiliki banyak sekali peminatnya, tidak hanya dari dalam negeri saja, bahkan luar negri pun sama. Rendang adalah jawabannya. Rendang banyak ditemukan disetiap rumah masakan padang. Sebab, rendang khas padang ini terkenal dengan cita rasanya yang enak dan juga pedas. Sehingga sangat cocok untuk kalian pecinta pedas. Bagaimana si cara memasak rendang itu? Dibawah ini adalah cara memasak rendang sapi yang empuk dan enak.

Definisi Rempah

Rempah ialah salah satu kekayaan Indonesia yang menjadi ciri khas. Rempah merupakan bagian tumbuhan yang memiliki aroma atau memiliki rasa kuat yang dijadikan sebagai penambah rasa pada masakan atau juga dapat dijadikan sebagai pengawet. Rempah-rempah ini biasanya dibedakan dengan tanaman lainnya yang dijadikan untuk tujuan yang mirip, contohnya adalah tanaman obta,sayuran yang memiliki aroma tertentu,serta buah kering.

Indonesia sendiri merupakjan negara yang terkebnal akan empah-rempahnya, sehingga tidak heran jika pada zaman sebelum kemerdekaan, banyak negara asing yang datang ke Indoesia atau menjajah negara Indonesia, untuk mendapatkan rempah-rempah dan menguasai tanah Indonesia. Indonesia ini masuk kedalam negara tropis dan juga tanahnya subur, yang menjadikan rempah-rempah banyak tumbuh di negara Indonesia.

Manfaat Rempah

Rempah-rempah ini tidak hanya dijadikan sebagai bahan untuk pencampur masakan saja, namun juga memiliki manfaat untuk tubuh kita. Rempah yang tumbuh di Negara Indonesia sangat banyak. Dan rempah-rempah tersebut memiliki manfaat serta fungsi masing-masing. Rempah yang sering digunakan untuk campuran pada masakan adalah ketumbar,jahe,lengkuas, serta serai. Berikut ini adalah beberapa manfaat rempah untuk tubuh.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang ialah diabetes. Salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula tinggi adalah kunyit. Sebab, kunyit ini mempunyai sifat anti-inflamasi,antioksidan,anti-aterosklerotik,serta penurunan berat badan. Kandungan yang ada pada kunyit tersebut yang menjadikan kunyit mampu mengelola kadar gula darah serta mampu mengurangi risiko komplikasi. Tidak hanya kunyit saja, rempah lain yang mampu membantu mengendalikan gula darah ialah kayu manis,jahe,serta daun kari.

2. Melawan Peradangan

Salah satu rempah yang mampu mengurangi peradangan adalah jahe. Sebab, jahe ini mengandung lebih dari 100 senyawa aktif,contohnya adalah gingerol,shogaol,serta zingiberene. Senyawa tersebut memberikan kemungkinan besar mampu mengurangi peradangan dalam tubuh. Tidak hanya jahe saja, rempah lain yang mampu mengurangi peradangan adalah bawang putih,kunyit,kapulaga,lada hitam,ginseng,serta rosemary.

3. Mengatasi Mual

Salah satu masalah yang hampir semua orang pernah mengalaminya adalah mual. Namun, rasa mual tersebut dapat diatasi oleh beberapa rempah seperti peppermint. Pada salah satu penelitian dari Ecancermedicalscience mengatakan bahwasanya penggunaan minyak esensial pepperminy ini dapat meredakan mual akibat proses kemoterapi. Tidak hanya berbentuk minyak saja, peppermint ini juga dapat berbentuk kapsul atau teh. Mengatasi rasa mual tidak hanya didapat dari kayu manis,jahe,kemangi,daun salam,serta kapulaga.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu organ yang sangat berperan penting pada tubuh adalah jantung. Sebab, jantung ini lah yang nantinya akan memompa darah keseluruh tubuh. Jika jantung kita bermasalah, maka hal tersebut dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan jantung kita. Salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah yang memang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Salah satu rempah yang memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah bawang putih. Bawang putih ini dipercaya mampu menjaga pembuluh darah supaya tetap fleksibel. Apabila pembuluh darah kita sehat dan juga fleksibel hal tersebut mampu mengendalikan kadar kolestrol yang nantinya akan mengakibatkan penyakit jantung. Tidak hanya bawang putih saja, rempah lain yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung diantaranya adalah daun salam,jinten,ketumbar,kayu manis,cabai rawit,serta buah pala.

Resep Rendang Daging Sapi

Rendang adalah salah satu masakan Indonesia yang terkenal diseluruh Indonesia, atau bahkan terkenal juga di negara lain. Sebab, rendang ini mempunyai rasa yang khas, rasa gurih dan juga pedas, ditambah dengan daging yang empuk, menjadikan masakan rendang ini sangat enak. Proses pembuatan rendang juga beragam,namun keberagaman tersebut tidak menghilangkan rasa khas rendangnya. Berikut ini adalah resep rendang daging sapi.

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi 500 gram,potong-potong sesuai selera
  • Serai 1 batang
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Daun salam 2 lembar
  • Penyedap rasa
  • Santan kental 3 sdm
  • Air 500 ml

Bumbu-Bumbu :

  • Bawang putih 7 siung
  • Bawang merah 9 siung
  • Garam 1 sdm
  • Kemiri 4 butir
  • Cabai merah 5 buah
  • Kunyit secukupnya
  • Cabai rawit merah 3 buah
  • Ketumbar bubukĀ  1 sdm
  • Merica 1 sdm
  • Gula jawa secukupnya

Cara Membuat Rendang Daging Sapi :

  1. Cuci daging yang sudah dipotong0potong, lalu pukul-pukul agar dagingnya empuk. Lalu, haluskan semua bumbu. Setelah halus, tumis bumbu lalu tambahkan serai, lengkuas,jahe,serta daun salam. Aduk hingga mengeluarkan aroma harum.
  2. Setelah itu, masukkan daging dan aduk sampai bumbunya merata. Lalu tuangkan air dan tunggu hingga mendidih, aduk sesekali agar bumbunya merata, beri penyedap rasa lalu diamkan hingga airnya menyusut.
  3. Kemudian,masukkan santan, aduk lagi dan masak dengan menggunakan api kecil. Aduk sesekali dan cicipi rasa. Jika rasanya sudah pas serta air dan santannya menyusut, matikan kompor lalu sajian didalam mangkuk.
  4. Rendang daging sapi siap dinikmati.
Baca Juga : cara masak rendang daging sapi padang

Demikian penjelasan tentang cara memasak rendang sapi yang empuk dan enak. Apabila ingin rendang yang kita masak memiliki rasa yang enak,maka gunakanlah rempah yang berkualitas, memperhatikan cara agar daging yang kita masak empuk, dan juga harus dengan takaran santan yang pas, serta masak dengan menggunakan api kecil. Hal tersebut yang nantinya akan membuat rendang yang kita masak memiliki rasa yang enakdan juga dagingnya empuk. Semoga bermanfaat dan dapat membantu. Terimakasih.