Yuk Simak!!! Cara Memasak Kerang Dara Saus Tiram

Cara Memasak Kerang Dara Saus Tiram

Apakah kalian tahu cara memasak kerang dara saus tiram ? Yups jika dilihat kalian belum tahu dan melihat artikel ini karena ingin tahu Kalian memilih pilihan tepat, karna saya akan memberikan penjelasan mengenai kerang dara tersebut kemudian baru memberikan resepnya.  Sebelum masuk ke cara pembuatanya Apakah kalian tidak penasaran apa itu kerang dara ? jika belum tahu mari simak berikut ini

Kerang Dara Saus Tiram

Cara Memasak Kerang Dara Saus TiramKerang dara ialah sejenis kerang yang sudah umum dimakan oleh  warga daerah Asia Timur dan Asia Tenggara.Kerang dara juga dikenal dengan sebutan kerang darah(Anadara granosa) karena ia menghasilkan hemoglobin dalam cairan merah yang dihasilkannya.

Habitat kerang ini umumnya berada di Kawasan indo pasifik dan tersebar dari pantai Afrika timur hingga Polinesia. Ukurannya berkisar 5 sampai 6 cm Panjang dan 4 sampai 5 cm lebar.

Dari Kerang dara kita pindah ke saus tiram yang merupakan salah satu bahan utamanya. Saus ini kental warnanya sedikit kehitaman didalam masakan Tionghoa yang bahan dasar pembuatanya berupa tiram dan memiliki rasa gurih dan asin. Ciri saus tiram yang kualitasnya tinggi pembuatanya dimasak sampai mengental tanpa diberi garam, vetsin dan tanpa pengawet.

Untuk kalian yang vegetarian jamur bisa menjadi bahan dasar saus tiram dengna tambahan bahan perasa. Asal usulnya bermula dari masyarakat provinsi Guangdong di Tiongkok yang memiliki tradisi membuat tiram kering dan tiram yang dijemur setelah direbus dengan air garam.

Umumnya saus tiram rasanya asin yang lumayan kuat sehingga masakan yang sudah menggunakan saus tiram tak usah dibubuhi lagi dengan garam ataupun kecap asin. Sedikit tambahan untuk kalian yang suka dengan masakan yang dipanggang belilah Panggangan sosis dari link berikut supaya memudahkan kalian untuk memanggang.

Nah, setelah kalian membaca sejarahnya dan sedikit promosi saya akan memberikan resepnya dibawah ini:

Cara Memasak kerang Dara Saus Tiram

Bahan-Bahan :

  • 300 gr kerang dara, sikat kulitnya hingga bersih
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm kecap asin

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih,cincang
  • 2 siung bawang merah,cincang halus
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm margarin
  • 1/2 sdt merica bubuk

Cara Memasak Kerang Dara Saus Tiram  :

  1. Rebus kerang hingga kulitnya terbuka, tiriskan.
  2. Tumislah bawang sampai tercium aroma wangi, lalu masukkan margarin dan aduk sampai leleh.
  3. Masukkan semua saus dan kecap, aduk rata.
  4. Tuangkan sedikit air, lalu masukkan merica bubuk dan juga masak kerang sampai bumbu menjadi rata.
  5. Setelah mematikan api kerang pun siap disajikan

6 Tips Memasak Kerang Agar Tidak Amis dan Alot

Jika menu favorit makanan kalian merupakan seafood pasti kerang sudah menjadi salah satu hidangan paling disukai. Selain dari teksturnya yang kenyal, rasa gurihnya juga tidak ada duanya. Umumnya orang lebih suka memesan kerang di warung-warung seafood sebab kerangnya tak amis dan tak alot juga.

Padahal, tak begitu sulit untuk mengolah kerang dengan sendiri yang membuat tak amis dan tidak alot. Simak yuk tips-nya berikut ini!

  1. Pilih Kerang yang Segar
  2. Bersihkan Kerang
  3. Rendam Kerang dengan Perasan Air Jeruk
  4. Rebus Kerang dengan Bumbu
  5. Gunakan Api Sedang dan Jangan Masak Terlalu Lama
  6. Jangan Buka Tutup Wajan

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang kerang dan cara memasak kerang dara saus tiram. Saya harap bisa menjadi referensi kalian disaat bingung cara memasak kerang yang dibeli. Jika kalian ingin tahu selengkapnya tentang kerang kunjungi Cara Memasak kerang Saus Tiram Sederhana Rasa Istimewa . Kemudian bila kalian juga tertarik dengan pembahasan makanan lain kunjungi jugal Ini Dia Resep Simple Cara Memasak Kornet Goreng Telur Sekian dari saya .

Selamat memasak