Terbukti Enak, Cara Masak Rendang Daging Sapi Padang

Cara Masak Rendang Daging Sapi Padang

Hampir semua masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia ini mengetahui apa itu rendang. Rendang adalah sajian memiliki berbagai macam rempah – rempah didalamnya dengan daging sebagai bahan. Hampir seluruh orang yang tinggal di Indonesia mengetahui apa itu rendang, terbukti enak cara masak rendang daging sapi akan saya jelaskan nanti setelah penjelasan tentang rendang itu sendiri.

Rendang Daging Sapi Padang

Cara Masak Rendang Daging Sapi PadangSelain bahan yang saya jelaskan tadi ada juga bahan lain berupa karambia (santan kelapa) dan campuran bumbu khas yang dihaluskan seperti cabai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang, dan bumbu-bumbu lainnya. Ada yang unik dari rendang yakni bumbu alami yang dipakai mempunyai sifat antiseptik, sehingga digunakan sebagai pengawet alami bagi rendang itu sendiri, tak herankan rendang dapat bertahan berbulan-bulan.

Sejarah

Pemasakan rendang sendiri sampai kuahnya benar-benar kering membutuhkan waktu 8 jam.Berdasarkan penelusuran sejarah rendang kita kalian akan tertuju pada Sumatera barat yakni Minangkabau. Bagi masyarakat disana rendang sudah menjadi kehidupan kuliner mereka sejak zaman nenek moyang mereka.

Sayang seribu saying bukti yang tak dapat ditemukan, ada kecurigaan dikalangan peneliti bahwa rendang sudah muncul sejak orang Minang mengadakan acara adat mereka yang pertama.

Filososfi

Beralih dari sejarah saya akan menjelaskan filosofi dari rendang itu sendiri mempunyai posisi yang terhormat dalam kehidupan bermasyarakat di Minangkabau. Dikarenakan bahan dari rendang mempunyai makna sendiri-sendiri Dari bahan yang pertama yakni daging sapi yang juga merupakan bahan utama melambangkan nini mamak dan bundo kanduang, dimana mereka akan memberi kemakmuran kepada anak pisang dan anak kemenakan.

Bahan yang kedua yaitu karambia atau juga bisa disebut dengan kelapa, yang lambangnya berarti kaum intelektual atau dalam bahasa dari Minang disebut juga dengan Cadiak Pandai, dimana mereka merekatkan kebersamaan kelompok ataupun individu. Untuk yang ketiga ini adalah Lado atau disebut juga sambal artinya sebagai lambang alim ulama yang memiliki sifat tegas dan pedas di dalam mengajarkan agama.

Bahan terakhir yaitu pemasak atau biasanya disebut dengan bumbu, yang lambangnya berarti pada setiap individu dimana masing-masing individu ini memiliki perannya sendiri-sendiri untuk memajukan hidup berkelompok yang merupakan unsur terpenting di dalam hidup bermasyarakat dari masyarakat Minang itu sendiri.

Sedikit info ada alat bagus nih buat kalian yang suka memanggang dengan simpel dan lebih mudah tentunya menjadi lebih enak ini dia panggangan sosis yang serbaguna memudahkan untuk proses pemanggangan masakan.

Nah setelah kalian tahu seluk beluk rendang sudah waktunya kita mencobanya dengan membuat rendang daging sapi padang. Tanpa berlama-lama lagi dibawah ini caranya :

Cara Masak Rendang Daging Sapi Padang

Bahan – Bahan :

  • 1 kg daging sapi (bagusnya daging bagian kepala)
  • 1 lembar daun kunyit
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam Santan dari
  • 4 butir kelapa
  • 3 sendok makan garam

Bumbu Halus :

  • 100 gr bawang merah
  • 100 gr bawang putih
  • 150 gr cabai merah keriting
  • 1 ruas jari jahe
  • 2 ruas jari laos
  • 3 batang serai

Cara Masak Rendang Daging Sapi Padang :

  1. Potong – potong daging hingga membentuk kotak lalu haluskan bumbu halus menggunakan blender atau juga bisa dengan batu giling.
  2. Kemudian siapkan wajan, lalu masukkan semua bahan dan bumbu halus. setelah itu masak semua bahan menggunakan api besar hingga mendidih, sambil diaduk-aduk.
  3. Setelah bahan mendidih kecilkan api yang besar menjadi sedang. Aduk-aduk dan masak hingga santan mengeluarkan minyak.
  4. Setelah santannya mengeluarkan minyak, kecilkan api kembali. Dan aduk-aduk sesekali agar rendang tak gosong dan masak hingga rendang jadi mengering.
  5. Kalau kalian menginginkan rendang yang kering, saat memasak waktu yang kalian perlukan sekitar delapan jam

Itu saja penjelasan tentang rendang beserta dengan cara memasaknya. Saya harap kalian mengerti dan meningkatkan pengetahuan kalian tentang rendang.Jika kalian ingin mendapat referensi masakan yang lain  kunjungi Inilah Resep Enak Cara Membuat Mie Jawa Goreng . Dan apabila kalian ingin tahu lebih dalam tentang rendang lebih dari ini kunjungi juga Cara Memasak Rendang Sapi Padang Penambah Nafsu Makan. Itu saja sedikit penutup dari saya.

Sampai jumpa dilain kesempatan…