Cara Buat Donat Empuk Yang Banyak Gizi Dan Protein

Kali ini saya akan berbagi resep dan langkah untuk cara buat donat empuk. Dan kalian sudah mendengarnya pasti sudah ngiler, yukk mari kita simak. Kami juga menyediakan mesin pembuat donat.

cara buat donat empuk

Cara Buat Donat Empuk

Bahan :

  • 500 gr tepung protein tinggi (me : cakra)
  • 250 ml air hangat
  • 5 sdm gula pasir
  • 2 butir kuning telur
  • 100 gr margarin, cairkan, lalu dinginkan ( me : palmia )
  • 6 gr ( 1,5 sd.t ) ragi instant ( me : mauripan / fermipan )
  • 2 sdm susu bubuk (kadang ga pake)
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula halus untuk taburan

Langkah :

  1. Dalam wadah, lalu masukkan 250 ml air hangat (jgn panas ya, nanti ragi mati), masukkan 5 sdm terigu, gula, ragi. Setelah itu aduk dengan sendok, searah jarum jam smpai tercampur rata.
  2. Lalu masukkan setengah terigu, uleni setengah kalis, masukkan satu per satu kuning telur, susu dan margarin.
  3. Uleni, masukkan sisa terigu.
  4. Uleni kalis elastis, halus, licin dan tidak lengket, sekitar 6 – 8 menit. Lalu taruh dalam wadah yg sdh dolesi sedikit minyak (kl saya di wadah yg sama dg tempat menguleni), tutup dengan plastik wrap, atau kain lembab.
  5. Diamkan smpai mengembang 2x lipat atau sekitar 45 menit.
  6. Lalu kempiskan adonan, uleni sebentar, bagi, dan bentuk bulat adonan. Diamkan lagi, sekitar 10menit.
  7. Dan panaskan minyak untuk menggoreng, buat lobang dengan jari telunjuk, masukkan ke dalam minyak, goreng dg api kecil, dengan sekali balik. Angkat.
  8. Taburi dengan gula, atau hias sesuai selera.
  9. Setelahnya menggunakan cetakan donat, setelah itu adonan mengembang 2xlipat, lalu kempiskan adonan, uleni sebentar, gilas dengan rolling pin, dg ketebalan 0,5 cm, cetak, diamkan 10 menit, goreng.
  10. Dan adonan bisa disimpan di freezer, setelah mengembang 2xlipat (proofing pertama), kempiskan, uleni sbntr, bulatkan. Lalu bungkus plastik wrap / plastik biasa (pastikan tidak ada udara yg masuk). Dan ketika akan digunakan, tinggal dikeluarkan, diamkan sampai lentur kembali. Cetak. Diamkan 10mnt. Goreng.
  11. Saya biasanya melakukan ini jika perlu donat pagi”. Suhu dingin freezer membuat fermentasi ragi berhenti sementara.

Manfaat Donat Bagi Kesehatan

1. Membantu Metabolisma

Dan juga potassium membantu proses metabolisma karbohidrat dan lemak. Potassium turut berperan dalam membantu tubuh untuk memperoleh energi dari makanan yang kita konsumsi.

2. Mengatur Keasaman dalam Tubuh

Proses metabolisma dari dalam tubuh yang menghasilkan beberapa dan berbagai asam yang juga dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh yang harus dinetralkan oleh senyawa yang bersifat basa. Potassium adalah salah satu mineral yang juga bersifat basa dan berperan dalam menetralkan keasaman cairan tubuh.

3. Membantu Fungsi Otak

Mencukupi kebutuhan potassium bagi tubuh dapat membantu fungsi otak. Dengan kata lain potassium yang terkandung di dalam kentang dapat membantu lancarkan fungsi otak. Potassium juga membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

4. Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf

Potassium juga berperan sangat penting dalam mengatur kontraksi otot dan relaksasi otot. Dan sebagian besar ion potassium dalam tubuh kita terdapat dalam otot. Potassium juga membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf serta membantu fungsi gerakan refleks. Dan kram otot adalah salah satu gejala kekurangan mineral potassium dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Potassium bermanfaat bagi kesehatan tulang. Juga pada potassium turut berperan sangat penting dalam menetralkan kelebihan keasaman pada tubuh yang dapat mempengaruhi kadar – kadar kalsium dari dalam tubuh manusia yang sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang.