Cara Bikin Sop Buntut Yang Enak Dan Bikin Ketagihan

sop buntut enak

Sebelum menuju Cara Membuat Sop Buntut Yang Enak Dan Bikin Ketagihan, mimin jelasin dulu apa itu Sop Buntut, Sop Buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia. Masakan ini terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian dibakar atau digoreng dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. Masakan Sop buntut Indonesia dibumbui berbagai rempah rempah misalnya bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih.

Hujan hujan makan pakai Sop Buntut itu pasti nikmat banget deh, asti nikmat sekali hehe. nah, untuk teman Sop buntut, mimin saranin ditemenin dengan Kacang Disko, eitss jangan khawatir kalo gatau cara bikinnya, disini mimin udah ada kok artikel Cara Membuat Sop Buntut dirumah.

Ada 2 Cara membuat sop buntut yang paling enak menurut kita nih hehe langsung saja yuksss

2 Cara Membuat Sop Buntut

sop buntut segar

1. Cara Membuat Sop Buntut Sapi Bening

Bahan dan Bumbu:

  • Buntut sapi > 1.000 gram
  • Air > 2000 ml
  • Daun bawang > 2 batang, dipotong 1 cm
  • Wortel > 200 gram, dipotong bulat
  • Kentang > 200 gram, dipotong dadu atau sesuai selera
  • Pala bubuk > ¾ sendok teh
  • Kayumanis > 4 cm
  • Cengkeh > 4 butir
  • Tomat merah > 1 buah, potong menjadi 8 bagian
  • Garam > 1½ sendok makan, atau sesuai selera
  • Gula pasir > 1½ sendok teh, atau sesuai selera
  • Minyak > 2 sendok makan untuk menumis

Bumbu Halus:

  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Merica 1½ sendok teh

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Bening:

  1. Rebus buntut sapi dalam air sampai matang/empuk selama 20-30 menit. Saring air kaldunya.
  2. Rebus kembali air kaldu sisa rebusan buntut tambahkan air lagi secukupnya (bila dirasa kurang). Didihkan lagi. Masukkan buntut sapi. tetap rebus dengan api sedang.
  3. Sementara itu panaskan minyak. Tumis bumbu halus, pala bubuk, tomat, kayumanis, dan cengkeh sampai harum. Masukkan ke dalam rebusan buntut. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan wortel dan kentang dan daun bawang. Masak sampai semua bahan matang sempurna. uji rasa. matikan api.
  5. Sop Buntut Sapi Bening Sayuran Sederhana siap disajikan.

2. Cara Membuat Sop Buntut Bakar

Bahan – bahan :

  • Buntut sapi – 1 kg
  • Wortel, iris serong – 4 buah
  • Kentang, potong dadu – 2 buah
  • Tomat, potong dadu – 2 buah
  • Bawang putih, memarkan – 3 siung
  • Daun bawang, iris tipis – 2 batang
  • Seledri, iris tipis – 2 batang
  • Jahe, memarkan – 3 cm
  • Cengkeh – 3 butir
  • Garam – 1 sendok teh
  • Gula – 1 sendok teh
  • Lada bubuk – 1/2 sendok teh
  • Pala bubuk – 1 sendok teh
  • Minyak, untuk menumis – secukupnya

Perendam :

  • Bawang putih, haluskan – 4 siung
  • Bawang merah, haluskan – 4 butir
  • Saus tiram – 2 sdm
  • Kecap manis – 4 sdm
  • Garam – 1/2 sendok teh
  • Lada bubuk – 1/2 sendok teh
  • Margarin – 1 sendok makan

Cara Membuat Sop Buntut Bakar :

  1. Rebus buntut sapi hingga empuk. Angkat dan tiriskan. Sisihkan air rebusannya.
    Dalam wadah, campur semua bahan perendam hingga rata. Masukkan buntut sapi dalam bahan perendam. Diamkan selama 1 jam. Sisihkan.
  2. Didihkan kembali air rebusan buntut. Sisihkan.
  3. Panaskan sedikit minyak(gunakan minyak goreng kelapa, jangan mecoba minyak atsiri yang dibuat dari Alat Destilasi Minyak Atsiri karena nanti rasa rica ricanya jadi berbeda dari yang lain). Tumis bawang putih hingga harum, lalu angkat dan masukkan ke dalam rebusan. Aduk rata.
  4. Masukkan jahe, cengkeh, garam, gula, lada, dan pala. Aduk rata dan masak hingga mendidih.
  5. Masukkan wortel, kentang, dan tomat. Masak hingga sayuran matang. Matikan api.
  6. Ambil buntut yang telah direndam bumbu. Bakar di atas api langsung atau di atas pemanggang, sambil diolesi bumbu sisa rendaman yang telah ditambah margarin.
  7. Bakar buntut hingga matang dikedua sisinya. Angkat.
  8. Tata buntut bakar di atas piring saji. Tuangkan sop beserta sayur dan isiannya dalam mangkuk terpisah, taburi dengan daun bawang dan seledri. Siap disajikan.
  9. Rebus buntut sapi sebanyak 2 kali dan buang air bekas rebusan pertamanya agar kuah sop tidak anyir.

Demikian 2 Cara Bikin Sop Buntut Yang Enak Dan Bikin Ketagihan menurut manfaatcara.com, buat makanan penutupnya saat hujanhujan jelas Resep Bumbu Jagung Bakar Manis dan Gurih dong. Sekian dan terimakasih 🙂