Cara Bikin Bakso Sapi Enak Dan Kenyal Dengan Praktis

Cara bikin bakso sapi enak dan kenyal

Tekstur kenyal dan mengembang menjadi salah satu kunci kelezatan bakso. Kalau bikin sendiri cara bikin bakso sapi enak dan kenyal, kamu dapat mengatur langsung tingkat kekenyalan bakso. Tanpa pelu menggunakan bahan kimia, bakso bisa lebih mengembang dan kenyal.

Bakso Sapi

Bakso sapi

Makanan bakso sapi berkuah merupakan menjadi salah satu makanan favorit bagi banyak orang. Ada beberapa terdapat kreasi resep cara membuat bakso sapi yang kenyal dan gurih ini juga bisa dikreasikan dengan jenis beragam varian isi sesuai selera. Dalam kualitas daging sapi yang dijual di pasaran yang sangat beragam. Ada yang terdapat mengandung urat, lemak, maupun tidak mengandung keduanya.

Biasanya di Indonesia sendiri banyak jenis macam bakso, ada yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, dan masih banyak lagi. Namun ksekarang bakso tidak lagi hanya bulatan daging bahkan bisa diisi dengan macam-macam. Mulai dari diisianya ada telur puyuh, telur ayam, cabai, sambal, sosis, hingga keju.

Cara Biki Bakso Sapi Enak Dan Kenyal

Cara bikin bakso sapi yang enak dan kenyal

Bakso dipercaya berakar dari kuliner khas orang Tionghoa. Kata bakso sendiri merupakan bahasa hokkien yang berarti daging giling. Bentuknya yang bulat seperti bola dan kuah pekat kaldu sapinya menjadi ciri khas hidangan nikmat yang satu ini. Kuliner yang satu ini sekarang bisa dengan mudah ditemukan di seluruh penjuru Indonesia.

Selain dapat membelinya di berbagai warung atau restoran bakso, Anda juga bisa membuat hidangan bakso kuah lezat di rumah. Anda juga bisa membuatnya dengan cara membuat bakso daging sapi 1 kg ini, tentu bisa dinikmati bersama suami, anak, dan keluarga besar. Berikut ini cara membuat bakso sapi yang enak dan kenyal.

Baca Juga : cara membuat bakso tahu goreng

Bahan – Bahan :

  • Dagig sapi giling 500 gram
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung sagu atau tapioka
  • ½ sendok teh baking powder
  • penyedap rasa instan rasa sapi
  • 1 liter air
  • Bumbu halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara Bikin Bakso Sapi Yang Enak Dan Kenyal :

  1. Blender semua bahan bumbu halus lalu campurkan ke dalam daging sapi giling dan aduk hingga rata. Masukkan semua bahan seperti tepung terigu, tepung kanji, baking powder dan penyedap rasa ke dalam adonan sapi giling lalu aduk kembali hingga tercampur seluruhnya.
  2. Rebuslah air hingga mendidih, lalu masukan adonan bakso sapi tadi ke dalam rebusan air. Cetaklah adonan tadi berbentuk bola-bola ya.
  3. Jika bola-bola bakso terlihat mengambang di atas air, artinya bakso tersebut sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Bagian Daging Sapi Yang Cocok Untuk Bakso

Bagian daging sapi yang cocok untuk bakso

Dalam kreasi resep masakan daging sehari-hari tak hanya sate, soto, sop daging atau bahkan semur. Jika anda ingin membuatnya, anda juga bisa mencoba cara membuat bakso sapi sebagai alternatif hidangan lain di rumah sendiri. Paling enakm enyantap bakso sapi hangat di saat cuaca hujan pasti akan terasa sangat istimewa. Dan sebelum berkreasi membuat bakso sapi sendiri di rumah.

Untuk memilih daging pilihlah daging-daging yang berkualitas dan masih segar atau hangat. Dilihat dari cirinya, warna daging masih terlihat merah segar (tidak pucat atau kehitaman), mengkilat, teksturnya pun terasa kenyal, dan licin pada permukaannya. Selanjutnya daging berkualitas juga memiliki aroma segar yang khas dan tidak tercium sedikit pun bau busuk yang menyengat.

1. Topside

Bagian topside merupakan salah satu bagian pangkal kaki belakang pada daging sapi. Topside ini mempunyai bentuk yang ramping, cukup lembut dan mudah matang sehingga dapat diolah dalam waktu yang singkat dengan suhu yang rendah. Hal itu karena, bagian topside paling cocok dimanfaatkan sebagai bahan baku bakso serta resep masakan daging lainnya.

Bahan masakan daging juga sangat cocok dimasak yang melalui proses pematangan dengan cara dioven atau digoreng. Cara pengolahannya dengan sendirinya , gandik atau topside lebih cocok untuk dijadikan empal, dendeng, atau bahkan rendang. Daging bagian ini mempunyai kelebihan tidak lain karena teksturnya yang padat sehingga kuat diolah dalam waktu yang lama.

2. Tetelan

Daging sapi yang bagian tetelan terdiri dari daging-daging yang melekat pada tulang. Dan daging ini yang menempel langsung pada tulang memiliki komposisi serat otot yang teksturnya cukup kenyal. Jika anda yang gemar sekali untuk menyantap bakso urat atau resep masakan daging bertekstur kenyal lainnya bisa membuatnya sendiri.

Bagian tetelan ini biasanya yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bakso urat. Selain itu, jika anda ingin membuat bagian isiab bakso, sebaiknya menggunakan daging tetelan agar teksturnya luar bakso tetap lembut dan bagian urat yang kenyal menjadi kejutan saat mengunyah isi bakso.

 

Nah sudah tau kan cara bikin bakso sapi yang enak dan kenyal ini sangat mudah dan pastinya enak. Anda juga dapat membuat bakso daging sapi sendiri dirumah dan jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kekenyalan pada bakso ini ya. Selamat mencoba