Bumbu Oles Bakso Bakar Pedas Manis yang Mantap Betul

bumbu oles bakso bakar pedas manis

Hai sobat semua, kali ini saya akan membagikan resep makanan yang berbeda dari biasanya. Kalau biasanya saya membagikan resep bakso bakar, namun kali ini saya membagikan cara buat bumbu oles bakso bakar pedas manis yang mantap betul deh pokoknya.

Bakso bakar merupakan makanan khas dari Indonesia yang lebih tepatnya makanan khas Kota Malang. Makanan ini terbuat dari olahan daging yang dicampur dengan tepung tapioka dan bahan-bahan seperti pada umumnya untuk membuat bakso. Nah, untuk sobat semua yang mampir atau berkunjung ke Kota Malang, wajib mencoba makanan yang satu ini nih.

Namun, yang membedakan bakso bakar dengan bakso-bakso yang lainnya adalah cara pengolahannya. Sesuai namanya, bakso bakar ini diolah dengan cara dibakar di atas arang atau alat bakaran lainnya yang sudah dipanaskan. Nah, saat bakso bakar dibakar ini lah akan menghasilkan aroma-aroma yang sungguh lezat dan menggugah selera.

Eeiitss, tapi tunggu dulu. Bakso bakar ini terasa kurang nikmat dan lezat bila tanpa bumbu olesan yang menjadi ciri khas bakso bakar ini. Bumbu oles bakso bakar sangat beragam, seperti bumbu kacang, madu, pedas, pedas manis, barbeque, lada hitam, dan bermacam olesan yang lezat lainnya.

Selain itu, bakso bakar juga sangat nikmat jika disajikan saat musim hujan yang cuacanya sedang dingin, berkumpul bersama keluarga atau teman, untuk takjil saat berbuka puasa, hidangan untuk menjamu tamu, makanan untuk menemani saat bekerja, dan berbagai acara yang lainnya.

Nah, untuk sobat semua yang penasaran bagaimana rasa dan cara buat bumbu oles bakso bakar yang nikmat, dari pada jauh-jauh ke Kota Malang mending membuat sendiri. Yuk simak penjelasan tentang cara buat bumbu oles bakso bakar pedas manis di bawah ini.

Bumbu Oles Bakso Bakar Pedas Manis

Bahan-bahan:

  • 2000 gram saus
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 20 buah cabai rawit
  • secukupnya garam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 500 gram saus sambal
  • 1000 gram kecap manis
  • 1 sachet kaldu sapi bubuk
  • 1 sdm merica bubuk
  • secukupnya minyak goreng
  • secukupnya air

Cara Buat Bumbu Oles Bakso Bakar Pedas Manis:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Iris tipis bawang Bombay, haluskan bawang putih dan cabai rawit.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay hingga layu.
  4. Masukkan bawang putih dan cabai rawit yg sudah dihaluskan tadi, tambahkan ketumbar bubuk, aduk hingga rata dan tercium aroma harum.
  5. Masukkan kecap manis, saus sambal, garam, merica dan kaldu sapi bubuk, aduk hingga merata, lalu tambahkan air (sekiranya sampai tidak terlalu kental, tp juga tidak terlalu encer).
  6. Tes rasa, jika dirasa sudah pas bisa langsung digunakan atau disimpan ke dalam wadah atau toples. (Jangan tutup toples selagi bumbu masih panas, itu akan menyebabkan uap mengendap di dalam dan menyebabkan cepat basi)

Cara Buat Bakso Bakar dengan Bumbu Oles:

  1. Siapkan semua bahan-bahan, seperti bakso secukupnya, tusuk sate, dan bumbu olesan.
  2. Cuci bakso hingga bersih dan kerat-kerat.
  3. Tusuk bakso menggunakan tusuk sate. Jumlah tusukan sesuai selera sobat sobat semua.
  4. Siapkan arang panas atau alat bakaran yang dipanaskan
  5. Oles bakso dengan bumbu oles pedas manis, lalau letakkan di atas arang panas.
  6. Setelah setengah matang oles kembali bakso agar bumbu lebih meresap. Jangan lupa dibolak-balik agar matang merata.
  7. Sajikan dan nikmati bakso bakar pedas manis selagi hangat.

Note: Jika sobat semua membuat bakso sendiri, bisa menggunakan mesin pembuat bakso agar proses pembuatan bakso lebih cepat, mudah, dan praktis.

Sekian penjelasan tentang bumbu oles bakso bakar pedas manis yang mantap betul, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.