Berapa lama Nanas Tumbuh

berapa lama nanas tumbuh- Sejak tanam nanas madu sudah bisa berbuah dalam jangka waktu 15 sampai 18 bulan, namun pohon nanas yang sudah berbuah dan bibitnya tidak di pangkas.

berapa lama nanas tumbuh

  • Syarat Tumbuh

    berapa lama nanas tumbuh- Tanaman nanas bisa tumbuh pada iklim basah atau kering. tanaman nanas toleran kekeringan serta memiliki berbagai macam curah hujan yang sekitar 1000 sampai 1500 mm per tahun.Tanaman nanas dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari rata-rata 33 sampai 71 persen kontinuitas maksimal, dengan tingkat tahunan rata-rata 2.000 jam. Sesuai dengan suhu budidaya nanas adalah 23 sampai 32°Celcius. Nanas lebih cocok dibudidayakan di dataran rendah dibanding di dataran

  • berapa lama nanas tumbuh
  • Media Tanam

    Namun, lebih cocok dengan jenis tanah yang mengandung pasir, subur, subur dan tinggi bahan organik dan kadar kapur yang rendah.Kadar keasaman adalah pH 4,5 sampai 6,5. Air diperlukan untuk pertumbuhan tanaman nanas dalam Untuk penyerapan nutrisi yang dapat larut di dalamnya.

Tahap-Tahap Budidaya Nanas)))

  • Pembibitan

Nanas dapat di kembangbiakan dengan cara vegetatif dan generatif. Cara generatif dengan biji nanas yang di tumbuhkan dengan persemaian, atau jarang di gunakan.

  • Penyiapan Bibit tunas batang

Pilih tunas batang pada tanaman nanas induk nanas yang sedang berbuah atau setelah panen. Tunas batang yang baik memiliki panjang 30 sampai 35 cm. Daun dekat pangkal tanaman nanas di potong untuk mengurangi penguapan serta mempermudah pengangkutan bibit tanaman nanas, setelah itu semai bibit tanaman nanas di dalam polybag dan biarkan di tempat teduh. Jika bibit tanaman nanas sudah tumbuh, maka siap angkut ke tempat penanaman langsung segera di tanam.

  • Pengolahan Media Tanam

Penanaman tanaman nanas bisa di lakukan pada lahan tegalan atau ladang. Waktu persiapan dan pembukaan lahan yang baik adalah pada saat waktu musim kemarau. Tanah kemudian di cangkul atau di bajak dengan traktor sedalam 30 sampai 40 cm hingga gembur. Biarkan tanah menjadi kering minimal selama 15 hari agar tanah siap untuk di tanami tanaman nanas.

Pembentukan bedengan bisa di lakukan dalam waktu bersamaan dengan pengolahan tanah untuk kedua kalinya yang sesuai dengan sistem tanam yang di pakai. Sistem petakan cukup dengan cara meratakan tanah, lalu di sekelilingnya di buat saluran pemasukan dan pembuangan air. Buat bedengan dengan lebar 80 sampai 120 cm, jarak antar bedengan 90 sampai 150 cm atau variasi lain sesuai dengan sistem tanam. Tinggi petakan atau bedengan adalah antara 30 sampai 40 cm. Penanaman bibit nanas jangan terlalu dalam, 3 sampai 5 cm bagian pangkal batang tertimbun tanah.

  • Pemeliharaan Tanaman Nanas

– Penyiangan di perlukan untuk membersihkan kebun nanas dari rumput liar dan gulma pesaing tanaman nanas. Pemupukan di lakukan setelah tanaman nanas sudah berumur 2 sampai 3 bulan dengan pupuk buatan. Pemupukan susulan di ulang pada tiap 3 sampai 4 bulan sekali sampai tanaman nanas berbunga dan berbuah. Cara lain: yaitu di semprotkan pada daun terutama pupuk Nitrogen dengan dosis 40 gram Urea per liter atau ± 900 liter larutan urea per hektar.

– Pengairan Dan Penyiraman tanaman nanas dapat di lakukan meskipun tanaman nanas tahan terhadap iklim kering. Pengairan  atau penyiraman bisa di lakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu atau tergantung pada keadaan cuaca. Pengairan bisa di lakukan 2 minggu sekali. Waktu pengairan tanaman nanas yang baik adalah pada waktu sore dan pagi hari dengan menggunakan mesin penyemprot.

  • Panen

Nanas bisa di panen setelah berumur 12 sampai 24 bulan, tergantung dari jenis bibit nanas yg di gunakan. Ciri-ciri nanas yg siap untuk di panen yaitu:
Mahkota buah nanas terbuka., Tangkai ubah mengkerut, Mata buah lebih mendatar, besar dan bentuknya bulat, Warna bagian dasar buah kuning, Timbul aroma nanas yg harum dan khas. Cara memanen buah nanas yaitu dengan memilih buah nanas yang menunjukkan tanda-tanda tanaman nanas siap untuk di panen. Pangkal tangkai buah nanas di potong secara mendatar atau miring menggunakan pisau tajam dan steril. Pemanenan tanaman nanas di lakukan secara hati-hati supaya tidak rusak dan memar.