manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan

Beberapa Manfaat Tepung Dari Jagung Untuk Kesehatan

Manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan. Jagung merupakan bahan pangan yang bisa menjadi pengganti makanan pokok yang dikonsumsi di Indonesia. Jagung juga mempunyai kandungan karbohidrat yang bisa dijadikan makanan pokok selain nasi, sagu, dan bahan lainnya. Jagung tidak hanya bisa menjadi makanan pokok, tetapi juga diolah menjadi cemilan, lauk pauk, hingga tepung yang terbuat dari bahan ini. Tepung jagung atau maizena merupakan salah satu pilihan tepung yang bisa digunakan ketika mengolah makanan. Manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan yang bisa didapatkan, yaitu:

Manfaat Tepung Dari Jagung Untuk Kesehatan

manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan

Manfaat Tepung Jagung bagi Penderita Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah penyakit akibat kelainan sistem imun yang menyebabkan tubuh mengalami reaksi alergi ketika mengonsumsi gluten. Gluten merupakan jenis protein yang banyak ditemukan pada biji-bijian seperti gandum hitam, atau di tepung terigu. Penderita penyakit ini dapat merasakan gejala ringan hingga berat saat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gejala yang paling sering dirasakan penderita penyakit celiac adalah diare, kembung, mual, sakit perut, dan sembelit.

Jika terus-menerus mengonsumsi makanan bergluten dalam jangka panjang, penderita penyakit celiac berisiko mengalami komplikasi serius, mulai dari malnutrisi hingga kanker usus halus. Untuk menghindari komplikasi, para penderita penyakit celiac disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung protein gluten. Ganti tepung bergluten dengan tepung bebas gluten, salah satunya adalah tepung jagung.

Sumber Energi Instan

Manfaat tepung jagung selanjutnya juga dapat digunakan untuk sumber yang memberikan energi instan. Tepung ini mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi seperti pada bahan makanan pokok lainnya. Kandungan karbohidrat yang dipunyai tersebut dapat cepat dibuat menjadi glukosa dan mempunyai sedikit nutrisi yang harus dicerna. Sehingga ketika menggunakan tepung jenis ini tidak akan membuat tumbuh terlalu lama memprosesnya. Oleh karena itulah untuk memberikan energi instan untuk kegiatan yang akan dilakukan bisa didapatkan dari bahan yang menggunakan tepung maizena.

Menjaga Kesehatan Kulit

Tepung maizena juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari atau mengalami sunburn. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan tepung maizena yang dimasukkan ke dalam air hangat secukupnya. Selanjutnya cukup gunakan air tepung tersebut untuk berendam selama kurang lebih 30 menit saja. Berendam dengan campuran tersebut dapat membuat rasa nyaman pada kulit dan juga membantu melembutkan kulit yang terpapar karena sinar matahari. Agar efeknya lebih efektif bisa untuk menggunakan perban basah dan menutup kulit terbakar selama 30 menit. Selain untuk kulit terbakar, bagi yang mempunyai diabetes juga bisa menggunakan tepung maizena untuk mencegah terjadinya infeksi kulit. Tepung maizena bisa digunakan sebagai bedak tabur yang dioleskan pada kaki sehingga bisa mencegah terjadinya iritasi. Bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh gigitan serangga ataupun ruam popok bayi.

Mencegah infeksi kulit pada penderita diabetes

Penderita diabetes bisa mencoba menggunakan tepung maizena sebagai pengganti bedak talkum untuk dioleskan pada kaki sehabis dicuci.Tepung maizena dapat menjaga kaki tetap kering dan bebas dari iritasi serta infeksi.

Mengatasi iritasi pada kulit

Manfaat tepung maizena lainnya adalah meringankan iritasi kulit dengan memberikan sensasi lembut dan nyaman pada kulit. Tepung maizena cocok digunakan untuk mengatasi iritasi karena gigitan serangga maupun ruam popok bayi. Namun, jangan gunakan pada kulit yang ada tanda infeksi ya, seperti tampak ada nanah di kulit.

Anda dapat mencampurkan dua hingga tiga sendok makan tepung maizena ke dalam air yang sejuk dan campurkan hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pasta tersebut ke daerah kulit yang iritasi dan basuh pasta tersebut saat sudah mengering.

Mengatasi Rambut Berminyak

Manfaat terakhir dari tepung maizena adalah dapat digunakan untuk mengatasi rambut berminyak. Bagi yang mengalami masalah rambut berminyak bisa menggunakan campuran dari tepung jagung dan minyak peppermint atau lavender. Bahan tersebut memberikan efek untuk membuat rambut lebih segar dan mengatasi rambut berminyak. Akan tetapi manfaat ini bisa dimanfaatkan untuk yang mempunyai rambut warna terang saja. Sedangkan untuk mengatasi rambut berminyak bagi yang mempunyai warna rambut gelap bisa menggunakan campuran bubuk kokoa dan kayu manis.

Demikianlah artikel tentang manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang manfaat tepung dari jagung untuk kesehatan. Anda dapat menggunakan mesin pemipil jagung untuk memisahkan biji dari jagungnya. Selamat mencoba dirumah dan semoga berhasil.

Related Posts