Beberapa Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Beberapa Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Susu sapi murni merupakan minuman favorit semua orang, manfaat minum susu sapi murni ternyata sangat banyak. Manfaat meminum susu sapi murni bisa didapatkan saat mengonsumsi susu sapi murni sesuai dengan kebutuhan tubuh dan aturan minum yang tepat.

Susu Sapi Murni

Beberapa Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Susu sapi murni merupakan susu yang kandungan nutrisinya tidak berubah. Susu sapi murni tidak melalukan banyak proses pengolahan, termasuk pasteurisasi atau UHT. Karena, proses pasteurisasi atau UHT yang dilakukan akan membuat kandungan nutrisi dalam susu sapi murni berubah bahkan hilang. Untuk menjaga nutrisi susu sapi murni biasanya dimasak dalam suhu tujuh puluh derajat celcius, selama kurang lebih lima menit untuk membunuh bakteri yang terkandung di dalam susu. Maka tidak heran apabila susu sapi murni hanya bisa bertahan selama empat sampai enam jam pada suhu ruang.

Baca Juga:Manfaat Masker Kopi dan Lidah Buaya Bagi Kesehatan Kulit

Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Beberapa Manfaat Minum Susu Sapi Murni

1. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Kandungan mineral seperti, kalsium, fosfor, dan zat besi yang ada pada susu sapi bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Tetapi, mengonsumsi susu yang berlebihan akan meningkatkan risiko tulang retak. Jika ingin memiliki tulang yang sehat sebaiknya tidak meminum susu sapi berlebihan dalam sehari misalnya, cukup satu gelas susu sapi saja.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu sapi murni mengandung asam lemak omega 3 yang berguna untuk menjaga fungsi jantung. Tetapi, jangan minum susu sapi secara berlebihan, terutama jika sudah memiliki penyakit jantung. Karena, lemak yang berlebihan dari susu sapi juga bisa meningkatkan kolesterol sehingga dapat berisiko terkena penyakit jantung. Sebagai gantinya, bisa memilih susu sapi rendah lemak.

3. Meningkatkan Massa Otot

Kandungan protein yang ada di dalam susu sapi berdampak baik pada massa otot. Manfaat susu sapi rendah lemak pada wanita yang rutin berolahraga dapat membantu meningkatkan massa otot tubuh. Sebagian wanita juga mengalami dampak dalam pengurangan lemak.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Asam lemak omega 3 pada susu sapi murni bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Susu sapi murni juga mengandung antioksidan seperti beta karoten yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta mencegah terkena penyakit kanker. Minum susu sapi murni dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal, kanker prostat, dan kanker payudara. Dengan minum susu sapi murni dapat menjaga kesehatan seluruh tubuh, termasuk menurunkan risiko penyakit kanker.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan di dalam susu sapi murni bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Susu sapi murni mengandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk menjaga sistem imun tubuh manusia. Ditambah kandungan vitamin A, asam lemak omega 3, dan beragam jenis antioksidan di dalam susu sapi murni juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan dapat melawan infeksi.

6. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Mengonsumsi susu sapi murni di pagi hari dapat memberi manfaat positif pada kadar gula darah. Susu yang diminum di pagi hari dapat membuat pencernaan karbohidrat dalam tubuh melambat sehingga kadar gula darah dapat terjaga.

7. Menjaga Tekanan Darah

Susu sapi murni mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap berada di angka normal. Kandungan kalium pada susu sapi murni juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

8. Meningkatkan Energi Dan Kebugaran Tubuh

Beberapa Manfaat Minum Susu Sapi Murni

Susu sapi murni mengandung magnesium yang bermanfaat untuk menambah energi serta fungsi saraf dan otot. Asam amino yang terdapat di dalam susu sapi murni juga dapat membantu meningkatkan stamina tubuh selama atau setelah berolahraga.

9. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Susu sapi murni dapat memberikan manfaat positif pada fungsi otak. Susu sapi murni dapat meningkatkan kadar glutathione pada otak. Glutathione berperan besar dalam mencegah berbagai masalah pada otak, seperti penyakit Alzheimer atau penyakit parkinson.

10. Manfaat Susu Sapi Untuk Mencegah Depresi

Susu sapi murni bermanfaat untuk mencegah masalah psikis, seperti depresi. Orang yang rutin mengonsumsi susu sapi rendah lemak dan yogurt memiliki peluang empat kali lebih kecil untuk dapat mengalami gejala depresi.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika anda ingin lebih banyak mengetahui manfaat susu sapi murni anda bisa baca artikel Manfaat Susu Sapi Murni semoga artikel ini bermanfaat.