Bahan-bahan Membuat Es Krim Terbaru

bahan-bahan membuat es krim lembut

Artikel ini berisi tentang bahan-bahan membuat es krim yang lengkap, praktis dan mudah didapat, dengan berbagai sumber dari produk es krim terkenal. Bahan dasar membuat es krim sendiri berasal dari susu sapi atau sejenis krim, yang dibekukan dengan cara mencampurnya dengan pewarna buatan maupun alami dan juga perasa makanan. Es krim sudah cukup populer di kalangan makhluk manusia karena sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Es krim merupakan makanan yang mengandung banyak kandungan yang dapat membantu mendapatkan gizi yang lebih baik. Karbohidrat, Protein, Lemak, Kalsium, Vitamin, dan Mineral.

Itulah kandungan yang terdapat di dalam es krim. Sementara es krim juga menggunakan Ilmu Kimia untuk melakukan pengolahannya, salah satunya adalah dengan cara pasteurisasi. Proses ini dilakukan setelah terbentuknya cairan es krim. Cara ini bertujuan untuk menghancurkan bakteri-bakteri pathogen pada campuran adonan es krim tersebut.

Fakta menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang paling rendah tingkat pengkonsumsian es krim dibandingkan beberapa negara tetangga. Hal yang menjadi alasan terbesar adalah masih kurangnya listrik di beberapa daerah, lalu alasan terkuatnya adalah kebanyakan masyarakat Indonesia berasumsi bahwa es krim adalah sumber penyakit termasuk flu dan batuk, padahal itu hanyalah mitos belaka, dan faktanya es krim adalah sebuah makanan sehat yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Bacalah Resep es krim buah yang populer

Berikut beberapa bahan-bahan membuat es krim dan juga cara membuatnya.

Es Krim Vanilla

Bahan:

  • Susu segar 1 L
  • Gula Pasir 200 g
  • Kuning telur ayam 4 butir, di kocok
  • Tepung meizena sebanyak 15 g
  • Vanili 1 sendok makan

Cara Membuat Es Krim Vanilla:

  1. Tuangkan susu segar dan gula pasir ke dalam panci yang ada di dapur.
  2. kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk. Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung meizena, aduk sampai larut.
  3.  setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk rata.
  4. Kemudian tambahkan vanili, aduk sampai rata. Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lain.
  5. Sehabis susu tersaring secara sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata, masukkan kuning telur secara perlahan. Diamkan selama 10 menit, lalu masukkan ke dalam lemari es
  6. Tunggu selama 15 menit, setelah itu aduk kembali es krimnya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut.
  7. Langkah terakhir masukkan ke dalam freezer dan diamkan di dalam kulkas/freezer selama 8 jam supaya dapat membeku sempurna.

Es Krim Mangga

Bahan:

  • 3 bungkus susu bubuk full cream
  • 5 cangkir air atau santan
  • 5 sendok makan (sdm) tepung maizena
  • 2 sendok makan (sdm) sp
  • 200 gram (gr) gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 100 mili liter (ml) whipped cream
  • 3 buah mangga segar

Cara Membuat Es Krim Mangga:

  1. Bersihkan 3 buah mangga, kupas dan blender sampai halus dengan sedikit air.
  2. Siapkan whipped cream dan tambahkan air. Kocok sampai mengental.
  3. Campurkan mangga dan whipped cream yang sudah halus tersebut. Kocok sampai merata.
  4. Dari 5 cangkir air, ambil 1 cangkir air untuk melarutkan semua bahan termasuk jeruk yang sudak disaring kecuali sp. Bisa di mixer atau di blender agar benar benar larut dan halus. Pastikan benar-benar halus
  5. Setelah adonan halus lalu campurkan 4 cangkir air dan masak dengan api kecil sambil diaduk agar tak ada gumpalan/endapan adonan pada dasar panci.
  6. Aduk terus hingga adonan mengental menyerupai susu kental manis, matikan api dan diamkan hingga dingin, lalu masukan kedalam box, tunggu hingga dingin dan bekukan di freezer.
  7. Setelah beku hancurkan es krim dengan garpu hingga menjadi butiran kecil.
  8. Lalu masukan sp yg sudah di tim lebih dulu dan mixer dengan kecepatan terendah secara hati hati, mixer terus hingga mengembang lalu tata es krim dalam kemasan atau box.
  9. Masukkan kembali ke dalam freezer dan siap disajikan.